ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR BASED SAFETY (BBS) (STUDI KASUS : DEPARTEMEN PRODUKSI BAGIAN DEBBURING PT.SELECTIX INDONESIA)

APRILLIA EKAWATI NURGIYANTARA, 123010041 and ERWIN MAULANA PRIBADI, DS (2019) ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR BASED SAFETY (BBS) (STUDI KASUS : DEPARTEMEN PRODUKSI BAGIAN DEBBURING PT.SELECTIX INDONESIA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Aprillia Ekawati Nrgiyantara_123010041_Teknik Industri.pdf

Download (0B)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Selectrix Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur pembuatan kunci dan aksesoris panel. PT. Selectrix Indonesia memiliki dua spesialisasi utama, yaitu Selectlock dan Selectrail. Selectlock memiliki berbagai produk yang dihasilkan diantaranya kunci industri, kait, engsel dan karet penyekat dan dapat digunakan dalam lembaran logam apapun. Sedangkan Selectrail berspesialis dalam membantu perhitungan poros, RFID, sinyal relay dan kebutuhan interlocking. Berdasarkan hasil observasi di bagian deburring, penyebab utama kecelakaan kerja adalah karena unsafe action dari pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku aman pada pekerja dengan menggunakan pendekatan Behavior Based Safety (BBS) dengan model DO RITE (Define, Observe, Record, Intervence, Test dan Evaluate). Penelitian dilakukan selama 6 minggu. Penelitian dilakukan pada bagian deburring dengan jumlah pekerja sebanyak 15 orang. Pengambilan data observasi dilakukan dengan menggunakan Critical Behavior Checklist (CBC). Intervensi yang dilakukan dengan penerapan safety briefing secara rutin untuk memberikan pengetahuan kepada para pekerja akan penting nya keselamatan dan kesehatan kerja, dan adanya caution paper bagi para pekerja yang banyak melakukan pelanggaran. Hasil uji t-berpasangan menunjukan P-value < α (0,05). Hasil GAP analisis menunjukan adanya perbedaan antara sebelum dan sesudah intervensi dengan menggunakan pendekatan behavior based safety. Pada hasil GAP analisis pada observasi akhir ditemukan masih adanya perilaku bahaya yang banyak dilakukan pekerja pada 2 kategori yaitu kategori peralatan kerja dan posisi kerja dan perlu adanya perbaikan agar perilaku bahaya dapat menurun atau diminimalisir. Kata Kunci : Caution Paper, Critical Behavior Checklist, GAP Analisis, Model DO RITE, Safety Briefing, Unsafe Action.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Oct 2019 03:44
Last Modified: 12 Oct 2019 03:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45703

Actions (login required)

View Item View Item