EKSPLORASI GAME MECHANIC TERHADAP ASPEK RED HERRING PADA GAME MISTERI (STUDI KASUS : THE VANISHING OF ETHAN CARTER)

Muhammad Faizal Abdillah, 12.304.0258 and Ririn Dwi Agustin, DS and Handoko Supeno, DS (2019) EKSPLORASI GAME MECHANIC TERHADAP ASPEK RED HERRING PADA GAME MISTERI (STUDI KASUS : THE VANISHING OF ETHAN CARTER). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
muhammad faizal abdillah_123040258_Informatika.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perkembangan game pada saat ini menjadi hal yang sangat penting pada saat akan membangun sebuah game, diperlukan pemahaman untuk mengembangkan suatu game tidak terkecuali yaitu membuat gameplay yang menarik. Gameplay yang dibuat pun tidak terlalu sulit atau sebaliknya, gameplay yang menarik akan mempengaruhi dari game itu sendiri. Salah satu genre game yang cukup banyak diminati adalah game dengan genre misteri, dimana sebuah misteri menjadi elemen utama dari game. Alur cerita dan gameplay yang tidak mudah ditebak, juga petunjuk yang disebar disemua cerita pada game membuat para pecinta game tertarik untuk memainkannya, yaitu game misteri the fanishing of ethan carter. Pada game misteri, designer game biasanya menempatkan seseorang pada pelaku sebagai tuduhan pembunuhan, petunjuk yang tercecer, seorang detektif yang menyelidiki kasus pembunuhan. Hal inilah yang disebut sebagai Red Herring. Untuk mebuat game bergenre misteri dibutuhkan pengetahuan juga mengenai teori cerita misteri, karena antara alur cerita tersebut sangat mempengaruhi pemain untuk melakukan tindakan sesuatu seperti, menduga pelaku pembunuhan, dan juga diperlukannya aspek gameplay untuk mendukung Red Herring dari cerita yang ada pada game. Perlu dilakukan eksplorasi gameplay pada game misteri itu sendiri dengan aspek-aspek fungsional gamemechanic. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan memaparkan seperti apa game untuk mengelola Red Herring pada game the vanishing of ethan carter dengan cara memainkannya, lalu menganalisis apa saja yang terjadi pada saat memaikan game tersebut. Salah satu cara untuk mengetahui aspek Red Herring apa saja yang bekerja, perlu dilakukannya eksplorasi, tidak hanya memainkannya namun sekaligus menganalisis game mechanic yang bekerja. Hasil akhir dari penelitian ini adalah menyajikan desain dan konsep pada game the vanishing of ethan carter untuk mengelola Red Herring. Kata Kunci : Eksplorasi Gameplay, Game Mechanic, Red Herring

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Eksplorasi Gameplay, Game Mechanic, Red Herring
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Oct 2019 08:01
Last Modified: 11 Oct 2019 08:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45681

Actions (login required)

View Item View Item