ANALISIS PEMETAAN BUDAYA ORGANISASI MENGGUNAKAN OCAI ( ORGANIZATIONAL CULTURE ASSESSMENT INSTRUMENT ) PADA CV BINTANG BERSINAR BANDUNG (STUDI KASUS DI CV. BINTANG BERSINAR BANDUNG)

MOCH. NURHIDAYAT, 133010008 and SYAKUR AMIN, DS and Apep Rahmat, DS (2019) ANALISIS PEMETAAN BUDAYA ORGANISASI MENGGUNAKAN OCAI ( ORGANIZATIONAL CULTURE ASSESSMENT INSTRUMENT ) PADA CV BINTANG BERSINAR BANDUNG (STUDI KASUS DI CV. BINTANG BERSINAR BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
MOCH. NURHIDAYAT_133010008_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (613kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

CV. Bintang Bersinar merupakan usaha yang berfokus dibidang penjualan kaos kaki. CV. Bintang Bersinar menyediakan berbagai jenis produk mulai dari Muslim Sock, Man Sock, Sport Sock dan Children Sock. CV. Bintang Bersinar telah berdiri sejak tahun 2007. CV Bintang Bersinar Bandung ini sangat banyak jenis persaingannya dari ruang lingkup kecil hingga luas. Dengan terus meningkatnya persaingan Kaos kaki ini, khususnya untuk CV Bintang Bersinar Bandung, ingin mengetahui dan menganalisis profil budaya dan hasil pemetaanya di CV. Bintang Bersinar Bandung saat ini dan budaya yang diharapkan, berdasarkan persepsi seluruh karyawan di CV. Bintang Bersinar Bandung yang terlibat dalam proses perubahan budaya organisasi mulai dari Kepala divisi sampai staff dan karyawan. Untuk menganalisa pemetaan budaya organisasi pada CV. Bintang Bersinar ini, menggunakan metode OCAI (Organization Culture Assesment Instrument), Metode ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi dari para pihak terkait yang memerankan budaya diperusahaan. Informasi yang ingin diketahui berupa tipe budaya yang dirasakan saat ini dan yang diharapkan kedepannya. Tipe budaya dalam OCAI dibagi menjadi 4 yaitu : Clan, Adhocrachy, Market, Hierarchy. Alat dalam mengumpulkan informasi menggunakan kuesioner untuk mengetahui budaya dari setiap responden, dengan menggunakan kuesioner sesuai dengan metode OCAI yang terdiri dari 6 kriteria yaitu karakteristik dominan, kepemimpinan organisasi, pengelolaan karyawan, perekat organisasi, penekanan strategis, kriteria keberhasilan.. Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa bahwa di perusahaan CV. Bintang Bersinar Bandung memiliki persepsi budaya yang berbeda – beda, baik yang dirasakan ataupun yang diharapkannya dan juga diketahui profil budaya perusahaan CV. Bintang Bersinar Bandung yaitu merasakan budaya market untuk saat ini dan mengharapkan budaya market untuk kedepannya. Selain itu dilihat klasifikasi pemetaan budaya organisasi dari setiap responden bahkan budaya secara keseluruahan (budaya perusahaan) memiliki kecenderungan merasakan budaya market untuk saat ini dan mengharapkan budaya market untuk kedepannya. Tidak ada kecenderungan terhadap budaya lain jika dilihat dari grafik budaya perusahaan. Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, OCAI (Organizational Culture Assessment Instrument)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia, OCAI (Organizational Culture Assessment Instrument)
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Oct 2019 07:38
Last Modified: 11 Oct 2019 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45674

Actions (login required)

View Item View Item