ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED DITINJAU DARI POLA ASUH ORANGTUA.

Surya Lestari Munthe, NPM : 178060023 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED DITINJAU DARI POLA ASUH ORANGTUA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
jurnal tesis surya lestari.docx

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan motivasi belajar siswa.Selain itu peneliti ingin mengetahui apakah ada saling keterhubungan antara pola asuh orangtua terhadap motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, untuk mengetahui pengaruh pendekatanp pembelajaran Open-Ended terhadap motivasi belajar siswa, untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua terhadap motivasi belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran Open-Ended. Pola asuh orangtua yang dikaji adalah pola asuh permisif dan demokratis.Metode penelitiaan ini adalah Mixed Method tipe Embedded Design dengan desain penelitiannya adalah eksperimen semu (Quasi Experiment).Instrumen yang digunakan adalah tes dan non-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open-Ended lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran Konvensional 2) Motivasi Belajar Siswa dengan pendekatan pembelajaran Open- Ended lebih baik daripda siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional 3) Terdapat hubungan/korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dengan motibvasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional 4) Terdapat hubungan/korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dengan motibvasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open-Ended 5)Terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan pola asuh orang tua dengan pendekatan pembelajaran Open-Ended 6) Motivasi belajar siswa dengan pola asuh orangtua demokratis lebih baik daripada pola asuh orangtua permisif. Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Open- Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Motivasi Belajar Siswa, Pola Asuh Orangtua.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 11 Oct 2019 06:53
Last Modified: 11 Oct 2019 06:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45663

Actions (login required)

View Item View Item