UPAYA PERBAIKAN KUALITAS PROSES PENGEMASAN PUPUK UREA 1A DI BAGIAN RENDAL PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN QUALITY IMPROVEMENT (STUDI KASUS : PT PUPUK KUJANG CIKAMPEK)

AJENG IKA OKTAVIANI, 123010082 and Dedeh Kurniasih, DS and Yogi Yogaswara, DS (2019) UPAYA PERBAIKAN KUALITAS PROSES PENGEMASAN PUPUK UREA 1A DI BAGIAN RENDAL PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN QUALITY IMPROVEMENT (STUDI KASUS : PT PUPUK KUJANG CIKAMPEK). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
AJENG IKA OKTAVIANI_123010082_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pengendalian kualitas digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan suatu kualitas produk sehingga dapat memenuhi harapan konsumen. PT Pupuk Kujang Cikampek adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi pupuk, dan salah satunya adalah pupuk urea yang banyak dipakai oleh petani saat ini. Dalam penelitian ini diterapkan suatu metode perbaikan kualitas yang bertujuan dapat mengatasi cacat produk. Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi jenis-jenis defect pada produk. Pada tahapan pengerjaannya menggunakan tahapan identifikasi, pengukuran, analisis, dan perbaikan. Metode yang digunakan dalam pendekatan konsep ini adalah metode FMEA (Failure Mode and Effect Alaysis) sebagai metode untuk menentukan nilai RPN (Risk Priority Number) tertinggi sehingga nantinya dapat dilakukan suatu improve yang berkelanjutan. Penelitian ini juga didukung beberapa tools seperti diagram fishbone dan RCA (Root Cause Analysis) yang digunakan untuk mencari akar penyebab masalah. Setelah itu melakukan penyusunan dan pemilihan alternatif solusi yang terbaik berdasarkan hasil dari RCA, yang mempertimbangkan fungsi performance. Hasil dari penelitian ini adalah diketahuinya 6 jenis defect yang terjadi pada pupuk urea unit 1A, dan terpilih 3 jenis defect yang menjadi CTQ (Critical to Quality), yaitu pupuk menggumpal (caking), berat packaging pupuk yang tidak sesuai, dan karung pupuk rusak (bocor). Selain itu diketahui juga penyebab terjadinya cacat produk. Lalu diketahui juga akar penyebab (cause) kritis dari masing-masing CTQ. Dan yang terakhir adalah didapatkannya alternatif solusi terbaik berdasarkan dari RCA (Root Cause Analysis) yang mendeskripsikan defect secara rinci, dengan mempertimbangkan fungsi performance dari beberapa alternatif solusi yang ada, sehingga dapat menjadi perbaikan untuk mengatasi cacat produk. Kata Kunci : Quality Improvement, Failure Mode and Effect Analysis, Root Cause Analysis,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Quality Improvement, Failure Mode and Effect Analysis, Root Cause Analysis,
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Oct 2019 06:46
Last Modified: 11 Oct 2019 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45660

Actions (login required)

View Item View Item