YULIS DWI SALSA, 155030046 (2019) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI SEBUAH CERITA PENDEK DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN MENGGUNAKAN MEDIA TEKS BERBASIS APLIKASI (WATTPAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 15 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK INDO.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK ENG.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan kesulitan peserta didik dalam mengonstruksi sebuah cerita pendek. Hal tersebut dibuktikan oleh rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik masih berada di bawah KKM, yaitu 73.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan bentuk rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Penulis memilih dua kelas yang menjadi subjek penelitian, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 30 orang. Hasil penelitianyang diperoleh penulis, yaitu penulis mampu merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 3,8 kategori sangat baik dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,8kategori sangat baik. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata hasil pretes 52,58> 51,25dan rata-rata hasil postes 79,16 > 68,83.Kemampuan berpikir kreatif peserta didik meningkat pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol pada pretes dengan rata-rata nilai 2,85 > 2,73 sedangkan, pada postes rata-rata nilai 3,46 > 3. Asymp. Sig, (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05. Artinya, adanya perbedaan signifikan dari hasil kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Media teks berbasis aplikasi (wattpad) dengan rata-rata N-gain skor untuk kelas eksperimen adalah sebesar 58,55% termasuk dalam kategori cukup efektif, sementara untuk rata-rata N-gainskor kelas kontrol dengan menggunakan media cetak adalah 36% termasuk dalam kategori tidak efektif. Berdasarkan hasil tersebut, penggunaan media teks berbasis aplikasi (wattpad) lebih efektif dibandingkan dengan media cetak. Kata kunci: Mengonstruksi, pembelajaran, cerpen, metode, media teks berbasis aplikasi (wattpad)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 03:32 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 03:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45646 |
Actions (login required)
View Item |