PENGARUH KONSENTRASI KARAGENAN DAN KONSENTRASI SARI JAHE MERAH (Zingiber offcinale) TERHADAP KARAKTERISTIK JELLY DRINK “TOWER”

Anita Nugrah Hasanah, 143020316 and Ina Siti Nurminabari, Ds and Tantan Widiantara, DS (2019) PENGARUH KONSENTRASI KARAGENAN DAN KONSENTRASI SARI JAHE MERAH (Zingiber offcinale) TERHADAP KARAKTERISTIK JELLY DRINK “TOWER”. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Anita Nugrah Hasanah_143020316_Tek Pangan.pdf

Download (470kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Jelly drink merupakan minuman ringan berbentuk gel yang terbuat dari sari buah bervitamin, umumnya memiliki sifat elastis namun konsistensinya atau kekuatan gelnya lebih lemah bila dibandingkan jelly agar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh konsnetrasi karagenan dan konsentrasi sari jahe merah terhadap karakteristik “TOWER” Jellydrink. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari penelitian pendahuluan yaitu analisis vitamin C dan pH pada tomat dan wortel, analisis aktivitas antioksidan pada sari jahe merah, dan menentukan perbandingan tomat:air dan wortel:air. Penelitian utama menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari dua faktor yaitu konsentrasi karagenan (0,3%; 0,4%; 0,5%) dan konsentrasi sari jahe merah (5%, 10%, 15%). Respon yang dilakukan dalam penelitian ini adalah respon kimia meliputi vitamin C dan pH. Respon fisika meliputi viskositas dan sineresis. Serta respon organoleptik terhadap atribut warna, rasa, aroma, dan tekstur. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa konsentrasi karagenan berpengaruh terhadap pH, vitamin C, viskositas, sineresis, warna dan tekstur. Konsentrasi sari jahe merah berpengaruh terhadap pH, vitamin C, viskositas, sineresis, aroma, dan rasa. Interaksi antara faktor konsentrasi karagenan dan sari jahe merah berpengaruh terhadap respon kimia dan fisika meliputi pH, vitamin C, viskositas, dan sineresis. Kata Kunci : Jellydrink, Karagenan, Jahe Merah, Tomat, Wortel

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 11 Oct 2019 02:06
Last Modified: 11 Oct 2019 02:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45634

Actions (login required)

View Item View Item