KORELASI KONSENTRASI Saccharomyces cerevisiae DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK PUFFED RICE DENGAN MENGGUNAKAN JENIS BERAS KETAN (Oryza sativa L var. Glutinosa)

SHIFA FAZRIN SYAFARILLAH, 143020246 and Hervelly, DS and Ina Siti Nurminabari, Ds (2019) KORELASI KONSENTRASI Saccharomyces cerevisiae DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK PUFFED RICE DENGAN MENGGUNAKAN JENIS BERAS KETAN (Oryza sativa L var. Glutinosa). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Shifa Fazrin Syafarillah_143020246_Teknologi Pangan.pdf

Download (759kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya korelasi konsentrasi Saccharomyces cerevisiae dan lama fermentasi terhadap karakteristik puffed rice terfermentasi dengan menggunakan jenis beras ketan. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana . Faktor yang diteliti adalah konsentrasi Saccharomyces cerevisiae yang ditambahkan dengan taraf 0,5%;1% dan 1,5% dan lama fermentasi dengan taraf 12 jam, 48 jam, 36 jam dan 48 jam. Respon yang diuji yaitu kadar air dan uji organoleptik meliputi kerenyahan, aroma dan rasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan konsentrasi Saccharomyces cerevisiae yang bervariasi dan lama fermentasi berkolerasi terhadap karakteristik puffed rice yang dihasilkan. Puffed rice terfermentasi yang dibuat menggunakan beras ketan hitam varietas setail dengan penambahan Saccharomyces cerevisiae dengan konsentrasi sebanyak 1,5% disukai oleh panelis. Kadar air puffed rice yang dihasilkan yaitu sebesar 3,37% dan puffed rice tersebut secara organoleptik diterima oleh panelis untuk respon uji kerenyahan, aroma dan rasa. Kata kunci : puffed rice, Saccharomyces cerevisiae, beras ketan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 11 Oct 2019 01:35
Last Modified: 11 Oct 2019 01:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45632

Actions (login required)

View Item View Item