PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN MOSI DAN ARGUMENTASI DALAM DEBAT AKTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA SISWA KELAS X SMAN 2 MAJALAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ASEP SUPRIYADI, 155030017 (2019) PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN MOSI DAN ARGUMENTASI DALAM DEBAT AKTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA SISWA KELAS X SMAN 2 MAJALAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER..pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7ABSTRAK INGGRIS..pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8ABSTRAK SUNDA..pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14BAB II.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
15BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
16BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
18DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian dengan judul “Pembelajaran Mengembangkan Mosi dan Argumentasi dalam Debat Aktual dengan Menggunakan Metode Creative Problem Solving pada Siswa Kelas X SMAN 2 Majalaya Tahun Pelajaran 2018/2019” ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya metode Creative Problem Solving digunakan dalam pembelajaran mengembangkan mosi dan argumentasi dalam debat aktual. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi serta mengembangkan mosi dan argumentasi yang berorientasi pada permasalahan aktual? (2) Mampukah peserta didik mengembangkan mosi dan argumentasi yang berorientasi pada persamalahan aktual? (3) Bagaimanakah hasil metode pada peserta didik dalam mengembangkan mosi dan argumentasi yang berorientasi pada permasalahan aktual?. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan dua kelompok sampel sebagai pembanding. Pretes dan postes digunakan untuk mengukur siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang berupa pembelajaran mengembangkan mosi dan argumentasi dalam debat aktual dengan menggunakan metode Creative Problem Solving. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penulis mampu melaksanakan dan merencanakan pembelajaran mengembangkan mosi dan argumentasi dalam debat aktual dengan menggunakan metode Creative Problem Solving. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penilaian pelaksanaan dan perencanaan pembelajaran yaitu 3.75. (2) Peserta didik kelas X SMAN 2 Majalaya mampu mengembangkan mosi dan argumentasi dalam debat aktual, hal tersebut dapat dibuktikan pada kelas eksperimen dengan nilai postes sebesar 85.6. (3) Metode Creative Problem Solving efektif digunakan pada pembelajaran mengembangkan mosi dan argumentasi dalam debat aktual. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan thitung > ttabel yaitu 193.3 > 23.4 dengan tingkat kepercayaan 95% dan taraf siginifikan 5% serta derajat kebebasan 24. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Debat aktual, metode creative problem solving.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Oct 2019 04:46
Last Modified: 10 Oct 2019 04:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45607

Actions (login required)

View Item View Item