PERENCANAAN KEBIJAKAN PERSEDIAAN MENGGUNAKAN ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) SINGLE ITEM UNTUK PRODUK SHAFANA SYAR’I (STUDI KASUS : PERUSAHAAN UKM H.A.N)

RISLU ROYHAN, 123010008 and Riza Fathoni Ishak, ds and Iman Firmansyah, DS (2019) PERENCANAAN KEBIJAKAN PERSEDIAAN MENGGUNAKAN ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) SINGLE ITEM UNTUK PRODUK SHAFANA SYAR’I (STUDI KASUS : PERUSAHAAN UKM H.A.N). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Rislu Royhan_123010008_Teknik Industri.pdf

Download (801kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

UKM H.A.N merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur yang memproduksi pakain di daerah Sukabumi, gamis set merupakan produk utamanya juga menerima jenis pakaian lainnya dengan sistem makloon. UKM H.A.N mengalami permasalahan yaitu terkait dengan perencanaan produksi dan persedian. Pihak perusahaan selama ini kesulitan untuk membuat rencara produksi dengan baik, perusahaan juga belum mempunyai sistem persediaan. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan membuat rencana produksi untuk meminimasi biaya produksi, dan membuat sistem persedaian yang diperlukan sesuai dengan produk utamanya yaitu gamis set. Perhitungan rencana produksi mengguanakan metode forcasting. Setelah didapat hasil, selanjutnya merencanakan kebutuhan bahan baku Economic Order Quantity (EOQ) Single Item, dengan tujuan mendapat nilai yang ekonomis. Berdasarkan hasil perhitungan rencana produksi, didapatkan hasil end item sebanyak 12.150 Pcs gamis set. Berdasarkan hasil perhitungan sistem persediaan dalam hal kebutuhan bahan baku, didapatkan hasil 6 jenis bahan baku yang digunakan. Berikut adalah usulan kebijakan persediaan untuk perusahaan: Kebutuhan bahan baku kain wollpeach adalah sebanyak 33.170 yard, kain Cerutty sebanyak 38.880 yard, benang polyester sebanyak 122 kg, benang katun sebanyak 146 Kg, label sebanyak 24.300 Pcs dan plastik sebanyak 12,150 pcs. Kata Kunci : Perencanaan produksi, Economic Order Quantity (EOQ) Singleitem

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Perencanaan produksi, Economic Order Quantity (EOQ) Singleitem
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 10 Oct 2019 01:43
Last Modified: 10 Oct 2019 01:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45581

Actions (login required)

View Item View Item