PENGARUH VARIASI RAPAT ARUS DAN ELEKTRODA DARI PENGELASAN SMAW PADA MATERIAL ASTM A213 TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN DISTRIBUSI KEKERASAN HASIL PENGELASAN

Zikri Imannudin Arsyad, 143030054 and Hery Sonawan, DS and Widiyanti Kwintarini, DS (2019) PENGARUH VARIASI RAPAT ARUS DAN ELEKTRODA DARI PENGELASAN SMAW PADA MATERIAL ASTM A213 TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN DISTRIBUSI KEKERASAN HASIL PENGELASAN. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Zikri Imannudin Arsyad_143030054_Teknik Mesin.pdf

Download (445kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pengelasan adalah sebuah ikatan karena adanya proses metalurgi pada sambungan logam paduan yang dilaksanakan dalam keadaan cair. Dari pengertian tersebut dapat dijabarkan lebih lanjut bahwa pengertian las adalah sebuah sambungan setempat dari beberapa batang logam dengan menggunakan energi panas. Superheater adalah bagian dari boiler yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya uap jenuh (± 304ºC) hingga menjadi uap superpanas (±541ºC). Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan energi panas yang terkandung di dalam uap, sehingga efisiensi termal mesin akan ikut meningkat. Banyaknya kerusakan yang terjadi pada pipa superheater mendorong penulis untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pipa superheater tersebut, maka dari itu tujuan dari tugas akhir ini adalah mengetahui struktur mikro dan makro pada pipa superheater, mengetahui distribusi kekuatan di daerah pengelasan dan mengetahui parameter pengelasan dengan batasan pengelasan tersebut menggunakan elektroda E7016 dan E7018 posisi 2G. Adapun pengujian yang digunakan adalah pengujian Metalografi, Uji Kekerasan (Vickers) dan menggunakan variasi arus dari 70 A-90 A. Maka dari itu penulis mengusulkan beberapa penilitian tentang pipa superheater yang dilas menggunakan SMAW dengan berbagai variasi arus yang dipakai.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:34
Last Modified: 08 Oct 2019 07:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45479

Actions (login required)

View Item View Item