PENENTUAN RUTE DAN PENJADWALAN PENGANGKUTAN SAMPAH DI KOTA BANDUNG WILAYAH BANDUNG BARAT DENGAN MENGGUNAKAN TABU SEARCH (STUDI KASUS: PD. KEBERSIHAN KOTA BANDUNG)

FERINA FARAH FATIN, 153010144 and Yogi Yogaswara, DS (2019) PENENTUAN RUTE DAN PENJADWALAN PENGANGKUTAN SAMPAH DI KOTA BANDUNG WILAYAH BANDUNG BARAT DENGAN MENGGUNAKAN TABU SEARCH (STUDI KASUS: PD. KEBERSIHAN KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
FERINA FARAH FATIN_153010144_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (263kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Model penentuan rute pada umumnya dikenal dengan Vehicle Routing Problem (VRP), VRP berkaitan dengan penentuan rute untuk menghasilkan rute terbaik dalam permasalahan yang melibatkan lebih dari satu kendaraan dengan kapasitas tertentu untuk melayani sejumlah titik pelanggan sesuai dengan permintaan masing-masing, tujuan penentuan rute ini salah satunya adalah untuk meminimumkan jarak tempuh. Penentuan rute menjadi salah satu permasalahan PD. Kebersihan Kota Bandung yang bergerak dibidang pengangkutan sampah, karena rute yang digunakan oleh perusahaan saat ini tidak memperhatikan lokasi dan jarak Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang akan dikunjungi, sehingga menghasilkan total jarak tempuh yang lebih jauh yaitu sebesar 564,30 km. Dengan rute yang digunakan saat ini, perusahaan tidak memiliki jadwal pengangkutan sampah secara pasti yang memberikan kekhawatiran timbulnya penumpukan sampah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian VRP untuk menentukan rute pengangkutan sampah diwilayah Bandung Barat dengan menghasilkan solusi yang dapat diajukan untuk mengurangi total jarak. Penelitian ini diselesaikan dengan menggunakan metode Tabu Search, penerapan metode ini memerlukan adanya solusi awal. Dalam penelitian ini, metode saving dan sequential insertion yang digunakan untuk membuat solusi awal, selanjutnya solusi awal tersebut dilakukan perbaikan dengan menggunakan algoritma Tabu Search. Hasil pengolahan data dengan Tabu Search menghasilkan 15 rute dengan total jarak tempuh untuk setiap harinya sebesar 448,48 km. Total jarak yang dihasilkan Tabu Search menghasilkan penurunan sebesar 115,82 km atau memberikan penghematan sebesar 20,53% dari total jarak dengan rute saat ini. Berdasarkan rute yang dihasilkan dari Tabu Search, selanjutnya dilakukan penjadwalan pengangkutan sampah disetiap TPS dan memperoleh waktu pelayanan yang dibutuhkan oleh 15 kendaraan setip harinya sebesar 63,45 km. Kata Kunci: Pengangkutan Sampah, Vehicle Routing Problem (VRP), Saving dan Sequenrial Insertion, Tabu Search.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:18
Last Modified: 08 Oct 2019 07:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45476

Actions (login required)

View Item View Item