LELA AYU SELVIA, 155050045 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATTING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
1. BAB_I LATAR BELAKANG.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB_II KAJIAN TEORI.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB_III METODE PENELITIAN.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
4. BAB_IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
||
Text
5. BAB_V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (57kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pemahaman bahwasanya topik-topik dalam matematika tidaklah berdiri sendiri-sendiri, melainkan antara satu dengan yang lainnya saling terkait sehingga pentingnya kemampuan koneksi matematis untuk dikuasai oleh semua siswa guna memudahkan siswa dalam mempelajari matematika. Dengan menguasai koneksi matematis, siswa akan mengetahui bahwasannya antar ide dalam matematika itu saling terkait, ide-ide matematika juga diterapkan dalam mata pelajaranlain dan matematika juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran RTE dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Untuk mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran RTE dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Untuk mengetahui berapa nilai efektifitas model pembelajaran RTE dalam kemampuan koneksi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan design kelompok pretes dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nusantara Bandung. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis dan angket skala self-efficacy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif RTE lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran RTE lebih baik daripada self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.; (3) Efektifitas model pembelajaran RTE untuk kemampuan koneksi matematis siswa memperoleh 1,82 yang termasuk kedalam kategori besar. Kata Kunci : Kemampuan koneksi matematis, Model Rotatting Trio Exchange (RTE), Self-efficacy
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 06:57 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 06:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45321 |
Actions (login required)
View Item |