IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE TALKING CHIPS MENGGUNAKAN APLIKASI FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP VIRUS

SITI NURHASANAH, 155040005 (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE TALKING CHIPS MENGGUNAKAN APLIKASI FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran cooperative type talking chips menggunakan media aplikasi facebook dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep virus. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA C dengan jumlah peserta didik 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-eksperiment dengan menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest. Penelitian ini di uji dengan statistik non parametrik menggunakan uji wilcoxon pada taraf signifikasi < 0,05, signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai rata-rata dari hasil pretest yaitu sebesar 39,16 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 67,38. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative tipe talking chips dengan menggunakan aplikasi facebook dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep virus, hal ini disebabakan karena tahapan sintak cooperative learning seperti menyampaian tujuan, menyajikan informasi, mengorganisasi peserta didik, membimbing kelompok, mengevaluasi, dan memberikan penghargaan, dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi facebook dapat meningkatkan aspek kognitif pada jenjang knowledge, comprehension, application, dan analysis sehingga nilai rata-rata hasil posttest lebih besar dari hasil pretest. Kata Kunci : (1) Pembelajaran Cooperative type Talking Chips; (2) Aplikasi Facebook; dan (3) Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2019 03:41
Last Modified: 04 Oct 2019 03:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45314

Actions (login required)

View Item View Item