ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA UMKM ROTI PAK JALI CIMAHI

Asri Rosmiati Putri, 152040042 (2019) ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA UMKM ROTI PAK JALI CIMAHI. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

UMKM Roti Pak Jali Cimahi adalah salah satu usaha yang bergerak dibidang perdagangan yang memproduksi roti dengan dua jenis roti yaitu kadet dan kasino. Berdasarkan penelitian di UMKM Roti Pak Jali Cimahi, peneliti menemukan masalah dalam kegiatan usaha yaitu tidak adanya perencanaan laba dengan ditandainya tidak ada perhitungan break even point atau perhitungan titik impas sehingga dapat mempengaruhi dalam pengendalian biaya, perencanaan produksi dan perencanaan laba. Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk mengetahui break even point roti kadet pada UMKM Roti Pak Jali Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftip. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan cara wawancara terstuktur dan observasi nonpartisipan, pengumpulan data skunder dilakukan dengan studi kepustakaan. Teknik analisis data digunakan dalam menghitung break even point dengan rumus matematik, dengan coba-coba dan grafis. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan perhitungan break even point melalui rumus matematik, coba-coba dan grafis, dapat dilihat bahwa tingkat break even point dalam tiga bulan dari bulan Juli hingga September mengalami kenaikan dalam unit maupun dalam rupiah, berbeda dengan volume penjualan yang mengalami fluktuatif setiap bulannya hal ini dapat terjadi karena dipengaruhi oleh biaya-biaya yang cukup tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi analisis break even point pada UMKM Roti Pak Jali Cimahi yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari harga jual, hasil penjualan dan volume produksi. Faktor eksternal terdiri dari supplier dan selera konsumen. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu pemilik usaha perlu mengontrol dan mengandalikan biaya-biaya yang telah dikeluarkan setiap bulannya, sebaiknya perlu memperkirakan volume produksi setiap bulannya, sebaiknya dapat memahami keuangan secara menyeluruh, dan sebaiknya perlu mengimplementasikan perhitungan break even point. Kata kunci : Break Even Point

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 04 Oct 2019 02:23
Last Modified: 15 Oct 2019 03:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45302

Actions (login required)

View Item View Item