PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI CIBALONGSARI IV (Penelitian Eksperimen di SD Negeri Cibalongsari IV Kecamatan Klari Kabupaten Karawang)

MELLY ROSMALA, 155060098 (2019) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI CIBALONGSARI IV (Penelitian Eksperimen di SD Negeri Cibalongsari IV Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I MELLY ROSMALA.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II MELLY ROSMALA.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III MELLY ROSMALA.pdf

Download (984kB) | Preview
[img] Text
BAB IV MELLY ROSMALA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB V MELLY ROSMALA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (258kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi peserta didik dengan melalui metode Outdoor Study pada topik ragam budaya, serta mengetahui pengaruh dari penggunaan metode outdoor study terhadap motivasi peserta didik. penelitian ini dilakukan di SD Negeri Cibalongsari IV Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan jenis nonequivalent control grup desain. Subjek penelitian ini berjumlah 56 peserta didik, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling pada kelas IV. Instrumen pengumpulan data menggunakan questioner/angket dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode outdoor study berpengaruh terhadap motivasi peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil Koefisien Determinasi yang membuktikan bersarnya pengaruh motivasi peserta didik dengan menggunakan metode konvensional sebesar 0,280. sedangkan besarnya pengaruh motivasi peserta didik dengan menggunakan metode outdoor study sebesar 0,572. Berdasarkan perhitungan diperoleh bahwa nilai hasil uji regresi pada kelas eksperimen lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 yaitu 0,000 sehingga terdapat pengaruh penggunaan metode outdoor study terhadap motivasi peserta didik kelas IV. Kata kunci: Metode outdoor study, Motivasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2019 06:25
Last Modified: 03 Oct 2019 06:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45260

Actions (login required)

View Item View Item