Shelly Tamara Indra, 155060106 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Kelas III Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Sub tema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup di SDN 033 Asmi Kota Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER BARU .pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INDONESIA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS SUNDA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I ACC.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ACC.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III FIX.pdf Download (818kB) | Preview |
|
Text
BAB IV SHELLY.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, menyebabkan pembelajaran tersebut menjadi kurang menarik serta membuat siswa mudah jenuh saat proses pembelajaran berlangsung. Sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Maka dari itu berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan menerapkan media pembelajaran audio visual. Tujuan dari penelitian ini sendiri untuk mengetahui bagaimana gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual, serta apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media audio visual dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain Nonquivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 033 Asmi Kota Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan Tes. Sampel pada penelitian ini adalah kelas III-D (kelas kontrol) jumlah siswa 30 dan kelas III-E sebagai (kelas eksperimen) dengan jumlah 31 siswa. Hasil penelitian observasi guru mendapat nilai presentase pada pembelajaran 1 sebesar 84 %, pada pembelajaran 3 sebesar 93,8 % dan pada pembelajaran 5 presentase nilai observasinya sebesar 89%. Hal ini menunjukan bahwa dalam penerapan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual sudah sesuai dengan harapan dan keterampilan guru saat mengajar dengan menggunakan media audio visual sudah sangat baik. Hasil pengujian Effect size memperoleh skor akhir sebesar 3,72 dengan interpretasi yang besar. Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual pada hasil belajar siswa. Dan berdasarkan pengujian hipotesis uji t diketahui nilai Sig 0,614 > 0,05 dan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran audio visual dengan yang menggunakan media pembelajaran audio visual. Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 06:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 06:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45255 |
Actions (login required)
View Item |