Nursery Suciantriyani, 153060049 and Jajan Rohjan, DS and Reza Martani Surdia, Ds (2019) ANALISIS KESESUAIAN TARIF BUS DAMRI BERDASARKAN ABILITY TO PAY (ATP) DAN WILLINGNESS TO PAY (WTP) PENGGUNA DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.
|
Text
NurserySuciantriyani_153060049_Planologi.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kebijakan tarif dapat dilihat sebagai alat pengendali lalu lintas yang sangat berkaitan dengan kemampuan dan keinginan pengguna untuk membayar suatu jasa transportasi. Terdapat beberapa pertimbangan untuk mengetahui kedua hal tersebut, salah satunya adalah pendapatan dan kualitas pelayanan. Kota Bandung sebagai salah satu kota metropolitan di Jawa Barat memiliki berbagai macam kegiatan. Sehingga di dalam RTRW Kota Bandung Tahun 2011 – 2031, pemerintah membuat rencana mengenai optimalisasi kebijakan penetapan tarif angkutan umum. Bus Damri adalah angkutan umum di Kota Bandung yang sejak tahun 2017 terus mengalami penurunan jumlah pengguna. Salah satu faktor yang mepengaruhi hal tersebut adalah adanya perbedaan tingkat pendapatan penduduk serta preferensi pengguna terhadap kualitas pelayanan yang telah disediakan. Hal ini karena tingkat pendapatan serta preferensi pengguna terhadap kualitas pelayanan merupakan salah satu pertimbangan untuk melihat kemampuan dan kemauan untuk membayar. Untuk mengetahui kemampuan dan kemauan pengguna untuk membayar tarif Bus Damri, maka dilakukan analisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, lebih dari 61% pengguna memiliki kemampuan (ATP) di atas tarif yang berlaku saat ini. Walaupun memiliki kemampuan untuk membayar yang tinggi, namun lebih dari 35% pengguna memiliki keinginan untuk membayar tarif Bus Damri sesuai dengan tarif yang berlaku saat ini, walaupun jika dilakukan simulasi peningkatan kualitas pelayanan. Dengan adanya simulasi peningkatan kualitas pelayanan, tarif Bus Damri di Kota Bandung dapat dinaikkan mulai dari Rp500 sampai Rp1.500 dari tarif yang berlaku saat ini. Yang diprioritaskan oleh pengguna untuk ditingkatkan kualitas pelayanannya ketika simulasi adalah kapasitas yang diangkut oleh pengemudi. Kata kunci : Ability To Pay (ATP), Willingness To Pay (WTP), Bus Damri
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ability To Pay (ATP), Willingness To Pay (WTP), Bus Damri |
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan Kosasih |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 01:43 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 01:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44995 |
Actions (login required)
View Item |