ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN DAIHATSU XENIA TERBUKTI 15TIMEWA

Maharditya Maulana, 152050122 (2019) ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN DAIHATSU XENIA TERBUKTI 15TIMEWA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Iklan Daihatsu Xenia Terbukti 15TIMEWA”. Iklan Daihastu Xenia Terbukti 15TIMEWA merupakan sebuah iklan yang memuat tentang produk kendaraan roda empat yang diproduksi oleh perusahaan Daihatsu. Iklan tersebut berdurasi 61 detik dan memiliki alur cerita yang unik. Alur cerita yang dibangun dalam iklan tersebut adalah dimulai dengan sebuah pasangan yang baru saja menikah, mereka menggunakan Daihatsu Xenia generasi pertama sebagai kendaraan pernikahan mereka. Keluarga tersebut akhirnya pun di karunia dua orang anak, hingga tidak terasa waktu berlalu begitu cepat kedua anak pasangan ini pun bertumbuh dewasa begitupun kendaraan mereka Daihatsu Xenia beregenerasi dan sudah setia hadir menemani keluaga tersebut hingga 15 tahun lamanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna dari setiap simbol – simbol yang ditampilkan dalam iklan Daihatsu Xenia Terbukti 15TIMEWA yang ditayangkan di televisi. Pada penelitian ini makna diuraikan menjadi tiga makna sesuai dengan konsep semiotika Roland Barthes. Makna yang pertama adalah makna penanda yang menelaah makna sebuah simbol secara indrawi manusia. Makna yang kedua adalah makna petanda yang menelaah sebuah simbol secara emosional dan ditelaah melalui budaya yang berlaku pada saat ini. Makna ketiga adalah makna mitos yang merupakan suatu pemaknaan secara sistem yang dikaitkan dengan makna konotatif dan denotatif. Selain untuk mengentahui makna yang terkandung dari simbol – simbol yang ditampilkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes. Penelitian kualitatif memungkinkan penelitian untuk dijelaskan secara terperinci dan detail dengan gaya tulisan naratif. Data dan fakta yang ditemukan selama penelitian dijelaskan secara deskriptif kedalam bentuk paragraph. Berdasarkan hasil penelitian ini makna yang terkandung menunjukan bahwa setiap simbol yang ditampilkan memiliki pemaknaan yang mengarah pada sesuatu hal yang nyaman dan terbukti. Selain itu mitos yang dibangun dalam iklan tersebut memiliki pengaruh yang dapat merubah perilaku dan padangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:58
Last Modified: 01 Oct 2019 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44950

Actions (login required)

View Item View Item