PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH)

RESA DIANA DININGRAT, 155050032 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (indo).pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (inggris).pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika, dengan pemahaman siswa dapat lebih mengerti akan konsep dari materi pelajaran itu sendiri. Selain itu untuk mencapai kemampuan pemahaman matematis, terdapat juga kemampuan afektif yang sama pentingnya untuk dimiliki oleh setiap siswa yaitu kemandirian belajar siswa. Namum pada kenyataannya kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar adalah dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Pada model CRH aktifitas belajar lebih berpusat pada siswa dengan suasana belajar dan interaksi yang menyenangkan dalam mengikuti pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model CRH lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Untuk mengetahui kemandirian belajar siswa yang memperoleh model CRH lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran CRH. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian eksperimen kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Cimenyan. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling, dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas ekperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemahaman matematis dan instrumen non tes berupa angket kemandirian belajar siswa. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS Statistics 23 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model CRH lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Kemandirian belajar siswa yang memperoleh model CRH lebih baik daripada dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model CRH Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Kemandirian Belajar, CRH

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:40
Last Modified: 01 Oct 2019 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44934

Actions (login required)

View Item View Item