PENGARUH FREKUENSI PERTEMUAN DAN KEAHLIAN KEUANGAN KOMITE AUDIT SERTA SPESIALISASI DAN KUALITAS AUDITOR EKSTERNAL TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2014-2018)

Riky Raihan Mubarok, 154020127 and Dr. Hj. Liza Laila Nurwulan,SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing I (2019) PENGARUH FREKUENSI PERTEMUAN DAN KEAHLIAN KEUANGAN KOMITE AUDIT SERTA SPESIALISASI DAN KUALITAS AUDITOR EKSTERNAL TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2014-2018). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (Indonesia).pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT (inggris).pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-1.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-2.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III-1.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara karakteristik komite audit dan auditor eksternal terhadap pengungkapan modal intelektual. Variabel pengungkapan modal intelektual diukur menggunakan 61 checklist dalam 3 format yaitu tabel, gambar dan numerik. Variabel karakteristik komite audit yang digunakan dalam penelitian ini adalah frekuensi pertemuan komite audit dan keahlian keuangan komite audit, sedangkan variabel karakteristik auditor eksternal yang digunakan dalam penelitian ini adalah spesialisasi auditor eksternal dan kualitas auditor eksternal. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode Non-Probability Sampling dan menghasilkan 18 observasi yang akan dianalisis. Penelitian ini menganalisis laporan tahunan perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, pengujian hipotesis dan metode analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa frekuensi komite audit berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual. Besarnya pengaruh frekuensi pertemuan komite audit terhadap pengungkapan modal intelektual sebesar 12.2 % dan sisanya yaitu sebesar 87,8% merupakan pengaruh faktor lain di luar frekuensi pertemuan komite audit. Besarnya pengaruh keahlian keuangan komite audit terhadap pengungkapan modal intelektual sebesar 10,1% dan sisanya sebesar 89,9% merupakan pengaruh faktor lain di luar keahlian keuangan komite audit. Besarnya pengaruh spesialisasi auditor eksternal terhadap pengungkapan modal intelektual sebesar 14,8% dan sisanya sebesar 85,2% % merupakan pengaruh faktor lain di luar spesialisasi auditor eksternal. Besarnya pengaruh kualitas auditor eksternal terhadap pengungkapan modal intelektual sebesar 9,8% dan sisanya sebesar 90,2% merupakan pengaruh faktor lain di luar kualitas auditor eksternal. Kata Kunci: Karakteristik Komite Audit, Karakterisik Auditor Eksternal Frekuensi Pertemuan Komite Audit, Keahlian Keuangan Komite Audit, Spesialisasi Auditor Eksternal, Pengungkapan Modal Intelektual.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2015
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 30 Sep 2019 06:56
Last Modified: 30 Sep 2019 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44664

Actions (login required)

View Item View Item