KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI POKOK PIKIRAN PADA SISWA BIPA LEVEL 3 DARMASISWA UNIVERSITAS PASUNDAN

BILLY HERYANTO PUTERA, 155030064 (2019) KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI POKOK PIKIRAN PADA SISWA BIPA LEVEL 3 DARMASISWA UNIVERSITAS PASUNDAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstract.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ringkesan.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji perbandingan kemampuan pembelajar BIPA level 3 di Darmasiswa Universitas Pasundan dalam mengidentifikasi pokok pikiran berita sebelum dan setelah menggunakan metode drill dan terjemahan serta menguji efektifitas. Metode drill dan terjemahan dalam pembelajaran mengidentifikasi pokok pikiran berita bagi pembelajar BIPA level 3 Darmasiswa Universitas Pasundan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode studi kasus, dan desain komparatif. Data diperoleh melalui observasi yang dilaksanakan dalam pembelajaran, pada tanggal 3 Mei 2019. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1), pembelajar BIPA sebelum diberikam metode drill dan terjemahan cenderung dtidak apat menyimak meteri dengan baik, hal ini ditandai dengan kebingungan dan keluh yang pembelajar dapatkan. Hasil yang didapatkan mereka melalui instrument tes yang pengajar berikan-pun mendapatkan nilai yang tidak memuaskan karena hampir semua pembelajar tidak mengisi lembar jawaban yang pengajar berikan. (2), berlainan dengan indikasi pertama, setelah metode drill dan terjemahan diaplikasikan, para pembelajar cenderung bisa menguasai materi dengan baik. (3), keefeektian metode drill dan terjemahan, terbukti efektif dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan akan komparasi hasil tes yang mereka dapatkan dari tes yang diberikan oleh pengajar meningkat dan para pembelajar pun lebih mengerti akan materi karena metode drill atau mengulang materi sembari menerjemahkan materi sedikit demi sedikit. Kata Kunci: studi kasus, drill, komparatif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2019 03:40
Last Modified: 27 Sep 2019 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44541

Actions (login required)

View Item View Item