PENGENDALIAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN PETA KENDALI ALTERNATIF IMPROVED SQUARE ROOT TRANSFORMATION P EXPONENTIALLY WEIGHTED MOVING AVERAGE (ISRT P EWMA) DI PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUKTUR TBK (STUDI KASUS : PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUKTUR TBK)

RIFQI JANUAR NOVIANA, 143010109 and Arumsari Harjadi, ds (2019) PENGENDALIAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN PETA KENDALI ALTERNATIF IMPROVED SQUARE ROOT TRANSFORMATION P EXPONENTIALLY WEIGHTED MOVING AVERAGE (ISRT P EWMA) DI PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUKTUR TBK (STUDI KASUS : PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUKTUR TBK). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rifqi Januar Noviana_143010109_Teknik Industri.pdf

Download (740kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kualitas merupakan hal yang penting dalam suatu perusahaan, sehingga perlu dilakukan pengendalian. Salah satu alat yang sering digunakan dalam pengendalian yaitu peta kendali. Peta kendali yang umum digunakan dalam pengendalian adalah peta kendali Shewhart. Namun, peta kendali Shewhart dinilai kurang sensitif dalam mendeteksi pergeseran kecil. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, dikembangkan peta kendali alternatif yaitu peta kendali Cusum dan EWMA. Pada penelitian ini digunakan peta EWMA karena dinilai lebih mudah dalam penggunaannya. Batas kendali peta EWMA ini ditetapkan dengan menggunakan pendekatan normal. Namun, kinerja dari pendekatan normal ini kurang baik digunakan pada kondisi np > 5, sedangkan di PT. Primarindo Asia Infrastruktur Tbk inspeksi dilakukan terhadap seluruh hasil produksi. Tsai, T-R et al (2006) merekomendasikan modifikasi peta EWMA yang bisa digunakan pada kondisi np ≥ 5, yaitu peta kendali ISRT P EWMA. S.Sukparungsee (2014) telah membuktikan bahwa peta ISRT P EWMA lebih baik dalam mendeteksi pergeseran kecil pada kondisi np ≥ 5. Hal ini yang mendasari penelitian ini menggunakan peta ISRT P EWMA dalam upaya mereduksi persentase produk cacat. Dari hasil penelitian, peta kendali ISRT P EWMA mampu mendeteksi adanya pergeseran. Hal inilah yang menyebabkan persentase produk cacat di PT. Primarindo Asia Infrastruktur Tbk belum membaik. Pada penelitian ini terbukti bahwa peta kendali ISRT P EWMA lebih baik dalam mendeteksi pergeseran kecil dibandingkan dengan peta P Shewhart. Besarnya nilai λ yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kemampuan peta kendali ISRT P EWMA dalam mendeteksi pergeseran. Semakin kecil nilai λ yang digunakan, kinerja dari peta ISRT P EWMA menjadi lebih sensitif dalam mendeteksi pergeseran proses. Kata Kunci : Kualitas, Peta Kendali, Shewhart, Cusum, EWMA, ISRT P EWMA, Pergeseran Proses

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 26 Sep 2019 02:57
Last Modified: 26 Sep 2019 02:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44481

Actions (login required)

View Item View Item