POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN MURID DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA BANDUNG

Muhamad Fakhri Mufid, 152050170 (2019) POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN MURID DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Pola komunikasi adalah model, sistem atau bentuk dari komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dan memungkinkan timbal balik segera. Dalam penelitian ini, pola komunikasi yang terbentuk yaitu dari komunikasi interpersonal guru dan murid Homeschooling Primagama Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi interpersonal yang terjalin antara guru dan murid Homeschooling Primagama Bandung yang dianalisis menggunakan teori interaksi simbolik dari Herbert Blumer yang memiliki 5 konsep yaitu diri (the self), perbuatan (the act), interaksi sosial (social interaction), objek (object), dan tindakan bersama (joint action). Penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan metode deskriptif. Terdapat 6 orang sebagai informan dengan 5 diantaranya sebagai informan kunci (key informan). Teknik pengumpulan data studi pustaka dan studi lapangan (observasi, dan wawancara mendalam). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara guru dan murid Homeschooling terjadi dengan mempertukarkan simbol-simbol yang kemudian diberi makna. Guru dan murid saling memaknai objek. Dari interaksi sosial yang terjalin, guru dan murid membentuk konsep diri mereka dan bertindak berdasarkan makna dirinya, yang diselaraskan atau dileburkan dalam suatu tindakan bersama yaitu kegiatan belajar mengajar. Diharapkan kedepannya agar seluruh elemen masyarakat dapat bekerja sama dalam meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan anak Homeschooling seperti sekolah, orangtua, dan terutama pemerintah agar tercapai kecakapan dan kesetaraan Homeschooling dengan sekolah formal lainnya. Kata kunci: Pola Komunikasi, Interaksi Simbolik, Konsep Diri (the self), Perbuatan (the act), Interaksi Sosial (social interaction), Objek (object), Tindakan Bersama (joint action).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 25 Sep 2019 05:32
Last Modified: 25 Sep 2019 05:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44448

Actions (login required)

View Item View Item