PENGARUH KONSENTRASI SENYAWA DI-NATRIUM HIDROGEN PHOSPAT (Na2HPO4) DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP KARAKTERISTIK BUBUR INSTAN HANJELI (Coix lacryma-jobi L.).

Rai Trisna Jatnika, 143020200 and Yusman Taufik, DS and Neneng Suliasih, DS (2019) PENGARUH KONSENTRASI SENYAWA DI-NATRIUM HIDROGEN PHOSPAT (Na2HPO4) DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP KARAKTERISTIK BUBUR INSTAN HANJELI (Coix lacryma-jobi L.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rai Trisna Jatnika_143020200_Teknologi Pangan.pdf

Download (609kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik produk diversifikasi bubur instan hanjeli yang dibuat dengan bahan baku beras hanjeli varietas Mayuen yang direndam dengan menggunakan senyawa Na2HPO4. Penelitian terdiri dari penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan bertujuan untuk menentukan perlakuan yang tepat untuk dijadikan acuan pada penelitian utama. Penelitian utama bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Na2HPO4 dan lama perendaman terhadap karakteristik bubur instan hanjeli. Konsentrasi Na2HPO4 yang digunakan adalah 0,1%, 0,3%, dan 0,5%, sedangkan lama perendaman yang digunakan adalah 5 jam, 10 jam, dan 15 jam. Respon penelitian utama mencakup respon kimia yang terdiri dari kadar pati, kadar air, kadar protein, kadar lemak, dan kadar serat kasar, lalu respon fisik yang terdiri dari cooking time dan daya rehidrasi, dan respon inderawi terhadap warna, aroma, tekstur, dan rasa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsentrasi Na2HPO4 berpengaruh terhadap tekstur dan kadar pati, namun tidak berpengaruh terhadap warna, aroma, rasa, kadar air, kadar lemak dan kadar serat, lama perendaman berpengaruh terhadap kadar air namun tidak berpengaruh terhadap warna, aroma, tekstur, rasa, kadar pati, kadar lemak, dan kadar serat, dan interaksi konsentrasi Na2HPO4 dengan lama perendaman berpengaruh terhadap cooking time, daya rehidrasi, dan kadar protein. Kata Kunci: Bubur Instan, Hanjeli, Konsentrasi Na2HPO4 , Lama Perendaman

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 25 Sep 2019 02:24
Last Modified: 27 Feb 2021 04:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43929

Actions (login required)

View Item View Item