EVENT TOUR DE LINGGARJATI SEBAGAI ALAT PROMOSI PARIWISATA KABUPATEN KUNINGAN

FITLY LAILIKA NURAMALIA, 152050098 (2019) EVENT TOUR DE LINGGARJATI SEBAGAI ALAT PROMOSI PARIWISATA KABUPATEN KUNINGAN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar persetujuan.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Event Tour de Linggarjati Sebagai Alat Promosi Pariwisata Kabupaten Kuningan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah event Tour de Linggarjati dapat dikatakan sebagai alat promosi yang efektif serta memberikan pengaruh terhadap sektor pariwisata di Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. lnforman kunci dari penelitian ini adalah mereka yang bertanggung jawab serta bersangkutan dengan kegiatan Tour de Linggarjati yaitu staff dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan, serta informan pendukung yang merupakan masyarakat Kuningan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, dalam teknik pengolahan dan analisis data, peneliti menggunakan model analisis data Miles dan Huberman, diantaranya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dapat disimpulkan bahwa event Tour de Linggarjati dapat dijadikan sebagai salah satu alat promosi yang efektif serta berpengaruh bagi sektor pariwisata Kabupaten Kuningan, hal tersebut menjadi langkah tepat pemerintah Kabupaten Kuningan dalam memperkenalkan potensi pariwisata yang dimiliki. Dengan menggunakan konsep teori praktik Humas Two way communications simetrycal, dimana inti dari teori ini adalah adanya sikap saling pengertian serta menguntungkan antara kedua belah pihak yaitu antara lembaga dengan publiknya. Melalui konsep di atas, penelitian ini menunjukan jika Event Tour de Linggarjati dapat menjadi alat promosi pemerintahan yang menguntungkan juga bagi publiknya, begitu pula sebaliknya publik merasa diuntungkan dengan tindakan pemerintah yang memberdayakan publiknya. Jadi dapat disimpulkan jika Event Tour de Linggarjati berpengaruh terhadap sector pariwisata di Kabupaten Kuningan sebagai alat promosi yang efektif. Kata Kunci : Event, Tour de Linggarjati, Pariwisata, Promosi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Sep 2019 01:46
Last Modified: 21 Sep 2019 01:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43836

Actions (login required)

View Item View Item