EKSPLORASI BAHASA PEMOGRAMAN KOTLIN DALAM MEMBANGUN APLIKASI ANDROID (Studi Kasus : Aplikasi Berita Komunitas Pecinta Anime)

SEPTIAN PRATAMA, 133040071 and Ririn Dwi Agustin, DS and Wanda Gusdya Purnama, ds (2019) EKSPLORASI BAHASA PEMOGRAMAN KOTLIN DALAM MEMBANGUN APLIKASI ANDROID (Studi Kasus : Aplikasi Berita Komunitas Pecinta Anime). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
septian pratama_133040071_informatika.pdf

Download (602kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pada tugas akhir ini telah dilakukan penelitian terhadap bahasa pemrograman kotlin dengan metode eksplorasi. Eksplorasi bahasa pemrograman kotlin pada tugas akhir ini telah termasuk kedalam analisis sejarah bahasa pemrograman, analisis bahasa pemrograman kotlin, analisis framework android dengan menggunakan kotlin, analisis ketersediaan library dan analisis perbandingan bahasa pemrograman kotlin dan bahasa pemrograman java. Dalam pengerjaanya dalam menganalisis bahasa pemrograman kotlin dan membandingkanya dengan bahasa pemrograman java, pada tugas akhir ini akan dibahas dimulai dari perbandingan dari sisi keringkasan baris kode bahasa pemrograman, besar ukuran APK, serta kecepatan compiler saat meng-compile kedua program dari bahasa pemrograman yang berbeda. Setelah melakukan penelitian, serta membangun aplikasi studi kasus dengan menggunakan bahasa pemrograman kotlin dan bahasa pemrograman java lalu kemudian membandingkannya, dapat disimpulkan bahwa bahasa pemrograman kotlin cenderung memiliki jumlah baris kode yang lebih sedikit dibanding bahasa pemrograman java, namun memiliki ukuran APK yang lebih besar dan waktu compile yang lebih lama. Keyword : Kotlin, Eksplorasi Bahasa Pemrograman Kotlin, Pembangunan Aplikasi Android Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin, Perbandingan dengan bahasa pemrograman Java.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 19 Sep 2019 08:10
Last Modified: 19 Sep 2019 08:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43779

Actions (login required)

View Item View Item