USULAN PERBAIKAN KEMASAN PRODUK CAIR MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE HOUSE OF QUALITY FASE 1 DAN 2 SERTA PETA MORFOLOGI (STUDI KASUS : UMKM. KARYA LESTARI)

SETIA RUKMANA, 143010022 and Dedeh Kurniasih, DS (2019) USULAN PERBAIKAN KEMASAN PRODUK CAIR MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE HOUSE OF QUALITY FASE 1 DAN 2 SERTA PETA MORFOLOGI (STUDI KASUS : UMKM. KARYA LESTARI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Setia Rukmana_143010022_Teknik Industri.pdf

Download (645kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan kemasan produk di UMKM Karya Lestari. UMKM Karya Lestari merupakan usaha mikro kecil menengah yang bergerak dibidang produksi madu murni, dimana kemasan produk yang digunakan merupakan botol plastik yang dipilih dari pasaran tanpa melakukan riset terlebih dahulu sehingga terjadi kesamaan bentuk kemasan dengan produk lain serta adanya kerusakan kemasan produk yang digunakan. Oleh karena itu dibutuhkan perbaikan rancangan kemasan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Perbaikan rancangan produk ini menggunakan metode House of Quality(HOQ) Fase 1 dan Fase 2 serta menggunakan Peta Morfologi. Metode HOQ ini terdiri dari beberapa tahap, diantaranya diawali dengan melakukan identifikasi permasalahan, identifikasi variabel penelitian, penentuan populasi dan sampel, penyusunan kuesioner, penyebaran dan pengumpulan kuesioner. Jumlah kuesioner yang disebar sebanyak 110 kuesioner, Data kuesioner kemudian dijadikan sebagai input untuk melakukan perhitungan importartance to customer (IC) untuk mengetahui tingkat kepentingan pelanggan. Hasil analisis pada HOQ Fase 1 dan 2 didapatkan 5 part target sebagai komponen utama yang akan digunakan. Kemudian part target tersebut dilanjutkan dengan melakukan pemilihan alternatif komponen utama yang diprioritaskan menggunakan peta morfologi. Hasil dari analisis tersebut didapatkan alternatif yang terpilih antara lain bahan kemasan polypropylene, ukuran kemasan 250ml, 500ml, 750ml. Bentuk kemasan botol tabung, penutup kemasan segel plug, warna kemasan menggunankan tinta polymate dan stiker kemasan menggunakan stiker yupo. Dengan demikian tujuan penelitian ini telah dicapai, yaitu didapatkan rekomendasi rancangan kemasan yang akan digunakan antara lain menggunakan bahan kemasan polypropylene, ukuran kemasan 250ml, 500ml, 750ml. Bentuk kemasan botol tabung, penutup kemasan segel plug, warna kemasan menggunankan tinta polymate dan stiker kemasan menggunakan stiker yupo. Kata Kunci : Perbaikan Rancangan Kemasan, House of Quality Fase 1 dan 2 Serta Peta Morfologi, Produk, Madu Murni.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 19 Sep 2019 05:57
Last Modified: 19 Sep 2019 05:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43749

Actions (login required)

View Item View Item