ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL CIHAPIT KECAMATAN BANDUNG WETAN KOTA BANDUNG

Astri Kusumawat, 154030051 and Tb, Thresna Irijanto, SE.,MSi, PH.d, Pembimbing I (2019) ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL CIHAPIT KECAMATAN BANDUNG WETAN KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK1.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC1.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 PDF.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 PDF.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (985kB) | Preview

Abstract

ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL CIHAPIT KECAMATAN BANDUNG WETAN KOTA BANDUNG ASTRI KUSUMAWATI Universitas Pasundan Bandung ABSTRAK Literasi keuangan yaitu pengetahuan, sikap, perilaku, keterampilan dan kepercayaan seseorang pada lembaga keuangan. Pesatnya perkembangan pasar keuangan berbasis syariah tidak disertai dengan literasi keuangan syariah masyarakat, indeks literasi keuangan pada lembaga pembiayaan sebesar 0,19% dan perbankan 6,63% sedangkan inklusi keuangan lembaga pembiayaan sebesar 0,24% dan perbankan sebesar 9,61%. OJK membuat program guna meningkatkan edukasi dan literasi keuangan syariah masyarakat Indonesia dalam bentuk Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia, dengan sasarannya yaitu pelaku UMKM termasuk pedagang pasar tradisional, salah satunya pedagang pasar tradisional Cihapit dengan jumlah pedagang 83 orang di tahun 2019 (Kantor Unit Pasar Cihapit), disekitar pasar terdapat lembaga keuangan mikro yaitu Baitul Maal wat Tamwil (BMT) sehingga dapat menjadi peluang bagi para pedagang pasar tradisional Cihapit, dengan alasan tersebut pedagang pasar tradisional Cihapit hendaknya memiliki pengetahuan keuangan syariah yang cukup. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat literasi keuangan syariah pada pedagang di pasar tradisional Cihapit dengan menggunakan 3 kompenen literasi keuangan syariah yaitu pengetahuan, perilaku dan sikap keuangan yang dapat dipengaruhi oleh faktor pendidikan, usia, pendapatan, lama usaha dan jenis kelamin. Hasil penelitian ini menunjukan pedagang pasar tradisional Cihapit memiliki tingkat literasi keuangan syariah pada kategori sedang. Pendidikan, pendapatan, lama usaha dan jenis kelamin berpengaruh terhadap literasi keuangan syariah, sedangkan usia tidak berpengaruh pada setiap komponen. Pendidikan, pendapatan dan jenis kelamin berpengaruh terhadap pengetahuan keuangan sedangkan lama usaha tidak berpengaruh terhadap pengetahuan keuangan. Pendidikan dan lama usaha berpengaruh terhadap perilaku keuangan sedangkan variabel pendapatan dan jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan. Pendidikan, pendapatan, lama usaha dan jenis kelamin berpengaruh terhadap sikap keuangan. Terdapat perbedaan literasi keuangan syariah berdasarkan pendidikan, usia, pendapatan dan lama usaha, sedangkan berdasarkan jenis kelamin tidak ada perbedaan. Kata Kunci: Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan Keuangan, Perilaku Keuangan, Sikap Keuangan, Pendidikan, Usia, Pendapatan, Lama Usaha, Jenis Kelamin.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2015
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 18 Sep 2019 03:27
Last Modified: 18 Sep 2019 03:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43677

Actions (login required)

View Item View Item