ANALISIS RESIKO KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE REBA SERTA PERBAIKAN FASILITAS KERJA DENGAN METODE ANTROPOMETRI PADA STASIUN KERJA PEMBUNGKUSAN DI CV CIHANJUANG INTI TEKNIK CIMAHI

Hisyam Hilal, 123010025 and Apep Rahmat, DS (2019) ANALISIS RESIKO KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE REBA SERTA PERBAIKAN FASILITAS KERJA DENGAN METODE ANTROPOMETRI PADA STASIUN KERJA PEMBUNGKUSAN DI CV CIHANJUANG INTI TEKNIK CIMAHI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Hisyam Hilal_123010025_Teknik Industri.pdf

Download (424kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT. Cihanjuang Inti Teknik Cimahi adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri minuman tradisional asal Jawa Barat atau yang disebut minuman nusantara (Bandrek). Perindustrian di Indonesia menghadapi berbagai macam tantangan yang tidak dapat dihindari. Salah satunya adalah dengan meminimalisir jumlah kecelakaan kerja yang disebabkan oleh belum diterapkannya system kerja yang baik dan aman. Operator pada stasiun pembungkusan mengungkapkan banyak keluhan sakit setelah bekerja dibandingkan dengan operator pada stasiun lainnya. Pada stasiun pembungkusan operator bekerja dengan posisi postur tubuh duduk jongkok. Identifikasi resiko kerja pada stasiun pembungkusan menggunakan kuesioner Nordic Body Map dan metode Rapid Entire Body Assessment (REBA). Kuesiuner Nordic Body Map bertujuan untuk mengetahui bagian tubuh pada pekerja yang dirasa sakit setelah melakukan pekerjaannya. Metode REBA merupakan metode yang berguna untuk mengetahui atau menilai tingkat resiko kerja pada stasiun pembungkusan. Hasil dari kuesioner Nordic Body Map, menunjukan operator mengalami banyak keluhan, pada saat setelah bekerja terutama pada bagian tubuh leher, punggung, pergelangan tangan, lutut, dan pergelangan kaki. Hasil pengujian tingkat resiko kerja dengan metode REBA menunjukan bahwa pekerjaan yang dilakukan berisiko terjadinya cedera pada operator sehingga perlu dilakukannya tindakan lebih lanjut guna meminimasi bersarnya resiko kerja. Perbaikan yang dilakukan guna meminimasi resiko tersebut yaitu dengan merancang tembok beton dan kursi yang ergonomis sesuai dengan kebutuhan operator stasiun pembungkusan dengan menggunakan metode Antropometri. Tujuan akhir dari dilakukannya penelitian adalah memberikan keamanan, kenyamanan, dan kesehatan bagi operator pembungkusan saat melakukan pekerjaannya. Kata Kunci : Nordic Body Map, Rapid Entire Body Assessment (REBA), Antropometri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 17 Sep 2019 08:19
Last Modified: 17 Sep 2019 08:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43656

Actions (login required)

View Item View Item