FITRIANNE LAMIYA SUFAR, 155040040 (2019) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSFER OF LEARNING PADA KONSEP STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
2.Lembar Pengesahan.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrack.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
10. Ringkesan.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
15. Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
16. Bab 2 Kajian Teori.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
17. BAB 3 Metode Penelitian.pdf Download (746kB) | Preview |
|
Text
18. Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
||
Text
19. BAB V Simpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
Text
20. Daftar Pustaka.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan latar belakang yang mengenai keterampilan abad 21 yaitu Transfer Of Learning pendidikan sains saat ini masih sangat rendah. Pendekatan pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Problem Based Learning sebagai langkah untuk meningkat kemampuan Trasnfer Of Learning kurangnya memberdayakan kemampuan literasi sains siswa dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum mampu mengembangkan literasi sains siswa, kemudian kurangnya pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan literasi sains pada siswa dan kurang efektifan penggunaan model/model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental. Dari data hasil peneltian ini dipeoleh dengan pretest-posttest, angket respon siswa, dan observasi keterlaksanaan model Problem Based Learning oleh guru dan pada siwa. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal. Soal essay sebanyak 8 soal berdasarkan indikator kemampuan Transfer Of Learning, dari data hasil penelitian ini kemudian di analisis yang menggunakan aplikasi software SPSS versi 20.00 for windows melalui uji normalitas dengan uji statistik Shapiro-Wilk selanjutnya dilakukan pengujian uji homogenitas dengan uji Levene setelah itu dilakukan pengujian uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t test. Berdasarkan analisis data hipotesis dari posttest menggunakan paired sample t test diperoleh nilai 0,00 dengan kata lain kurang dari 0,05 yang artinya diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan Transfer Of Learning Kemampuan Transfer Of Learning dari hasil pretest dan posttest juga mengalami peningkatan, hal ini dibutktikan dengan rata-rata N-Gain termasuk kedalam kategori sedang dengan presentase 0,50. Hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning mendapatkan respon dengan kategori setuju dengan rata-rata presentase 64,91%. Sehingga implementasi model Problem Based Learning dapat meningkat dipertimbangkan untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan Kata Kunci: Trasnfer Of Learning, Problem Based Learning, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 08:08 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 08:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43654 |
Actions (login required)
View Item |