PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI BERORIENTASI SUGESTI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII SMP NUSANTARA BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

ANDRIANSYAH, 155030109 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI BERORIENTASI SUGESTI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII SMP NUSANTARA BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover skripsi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda .pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka skripsi.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya keterampilan menulis teks persuasi berorientasi sugesti peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks persuasi berorientasi sugesti pada penelitian ini menggunakan metode group investigation. Metode group investigation adalah strategi belajar kooperatif yang menempatkan siswa kedalam kelompok untuk melakukan investigasi terhadap suatu topik. Metode group investigation membantu siswa untuk belajar memecahkan suatu permasalahan dalam pembelajaran menulis teks persuasi berorientasi sugesti dengan cara bekerja sama dalam kelompok kecil. Penelitian ini dilakukan di SMP Nusantara Bandung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest, yaitu menggunakan prates dan pasca tes dengan penugasan yang sama. Adapun hasil penelitian, yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks persuasi berorientasi sugesti menggunakan metode group investigation di kelas VIII SMP Nusantara Bandung. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,4; 2) Peserta didik di kelas VIII SMP Nusantara Bandung mampu mengikuti pembelajaran menulis teks persuasi berorientasi sugesti. Hal ini dibuktikan dari hasil prates dengan rata-rata 23,85 dan hasil pasca tes dengan rata-rata 76,3 Perbedaan ini menunjukkan selisih 76,3 – 23,85 = 52,45; 3) Metode group investigation efektif bagi pembelajaran menulis teks persuasi berorientasi sugesti di kelas VIII SMP Nusantara Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan uji statistik, diketahui t hitung ≥ t tabel, yaitu 14,73 > 1,729. Dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 19. Kata kunci: pembelajaran, menulis, teks persuasi berorientasi sugesti, metode group investigation.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Sep 2019 07:16
Last Modified: 16 Sep 2019 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43565

Actions (login required)

View Item View Item