FENOMENA MENGIKUTI INFLUENCER MEDIA SOSIAL TWITTER DALAM PEMBENTUKAN OPINI DI KOTA BANDUNG

Reza Siddik Pribadi, 142050255 (2019) FENOMENA MENGIKUTI INFLUENCER MEDIA SOSIAL TWITTER DALAM PEMBENTUKAN OPINI DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Fenomena Mengikuti Influencer Media Sosial Twitter Dalam Pembentukan Opini di Kota Bandung Influencer merupakan orang yang bisa mempengaruhi orang lain lewat apa yang Ia sampaikan, lakukan ataupun tunjukkan. Umumnya Influencer mempunyai followers atau audience yang cukup banyak di media sosial dan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap followers mereka. Kemudian, adanya ‘engage’ dan keterkaitan antara pengikut pada seorang Influencer menyebabkan pengikut/follower menjadikannya sebagai ‘Role Model’. Hal tersebut dapat mengakibatkan rasa kepercayaan yang berlebihan terhadap sang Influencer sementara mereka hanya manusia biasa yang tidak terlepas dari human error. Penelitian ini difokuskan kepada Influencer media sosial Twitter dalam pembentukan opini di kota Bandung. Untuk mengetahui apa motif, tujuan dan makna masyarakat Bandung mengikuti Influencer media sosial Twitter sehingga membentuk opini mereka. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif untuk meneliti mengenai Fenomena Mengikuti Influencer Media Sosial Twitter dalam Pembentukan Opini di Kota Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui kondisi suatu fenomena yang diperbincangkan dengan Rancangan Analisis Data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang digunakan oleh Miles and Huberman. Aktivitas dalam analisis data ini yaitu; Pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verification). Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan informan di lapangan yang dilengkapi dengan data-data tertulis, dan data sekunder seperti dokumen, buku-buku, dan skripsi yang relevan dengan penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut; Pertama, Following Influencer adalah kegiatan mengikuti seseorang yang mempunyai pengikut/followers atau audiens yang cukup banyak di suatu Media Sosial dan mempunyai pengaruh yang kuat terhadapnya. Kedua, motif seseorang mengikuti Influencer adalah untuk mencari informasi yang dibutuhkan secara akurat dan aktual dengan konten – konten tertentu berdasarkan minat tema dan concern yang sama antara Influencer dengan pengikut/followers-nya sehingga dapat menjadi konten. Ketiga, makna seseorang mengikuti Influencer adalah bermakna sebagai salah satu pemenuhan informasi yang dibutuhkan dan sebagai pengubah opini pengikut/followers-nya. Keempat, tindakan seorang mengikuti Influencer adalah mereka menggunakan Twitter untuk melihat Tweet dari seorang Influencer tersebut saat sedang melakukan suatu aktifitas apapun yang dapat berkaitan dengan pekerjaan, maupun kegiatan sehari - hari sesuai dengan kebutuhan dan concern masing – masing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2014
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 16 Sep 2019 01:51
Last Modified: 16 Sep 2019 01:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43510

Actions (login required)

View Item View Item