Sarah Jihaan Qurrotu Ainii, 155020044 (2019) PENGARUH MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas XI Akuntansi di SMKN 3 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
5 ABSTRAK INDO.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
6 ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK SUNDA.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB I.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
15 BAB II.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
16 BAB III.pdf Download (506kB) | Preview |
|
Text
17 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
|
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (i) bagaimana gambaran umum mata pelajaran kewirausahaan di kelas XI Akuntansi SMKN 3 Bandung, (ii) bagaimana minat berwirausaha siswa di kelas XI Akuntansi SMKN 3 Bandung, (iii) seberapa besar pengaruh mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI Akuntasi SMKN 3 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMKN 3 Bandung yang berjumlah 101 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 25.0. Hasil penelitian menunjukkan rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai: (i) mata pelajaran kewirausahaan sebesar 4,331 (86,57%) “sangat setuju”, (ii) minat berwirausaha sebesar 4,272 (85.39%) “sangat setuju”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian pengaruh mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha melalui perhitungan koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar 0,534. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh mata pelajaran kewirausahaan sebesar 53,4% yang dilihat tingkat pengaruhnya “cukup kuat” terhadap minat berwirausaha siswa dan sisanya 46,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni : (1) Bagi Siswa diharapkan fokus terhadap kegiatan proses belajar mengajar di kelas untuk dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, serta meningkatkan pengetahuan informasi yang didapat dari berbagai sumber mengenai kewirausahaan. (2) Bagi Guru untuk dapat meningkatkan minat siswa dalam berwirausaha sebaiknya guru memberikan banyak informasi, gambaran, motivasi, dan pelatihan mengenai wirausaha agar siswa mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak sehingga membuat siswa lebih meningkatkan minat dalam berwirausaha (3) Bagi Sekolah diharapkan mampu untuk memberikan himbauan mengenai mata pelajaran kewirausahaan dalam upaya penekanan pengangguran di Indonesia, terlebih memberikan fasilitas untuk mengembangkan usaha-usaha yang muncul dari mata pelajaran kewirausahaan agar minat siswa dalam berwirausaha lebih meningkat. (4) Bagi Peneliti diharapkan dapat menjadi acuan untuk melakukan penelitian serupa dengan mata pelajaran, metode, dan pembahasan yang berbeda agar diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan hasil dari pendidikan kewirausahaan. Kata Kunci : Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 08:10 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 08:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43431 |
Actions (login required)
View Item |