MAUDYA MULYA UTAMI, 155030100 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MEMERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNNYA MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU MEDIA FLANELGRAF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN AJAR 2018 -2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
2. lembar pengesahan.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
6. abstrak indonesia.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
7. abstrak inggris.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8. abstrak sunda.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
|
Text
19. Daftar Pustaka.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Menulis puisi merupakan kegiatan menuangkan pikiran dan perasaan pada sebuah bentuk tulisan dengan pemilihan diksi yang indah dan jelas. Metode Group Investigation (GI) adalah metode yang mengajarkan peserta didik dalam bekerjasama. Media Flanelgraf merupakan media yang dibuat menggunakan kain flanel. Judul penelitian yang penulis rancang ialah “Pembelajaran Menulis Puisi dengan Memerhatikan Unsur Pembangunnya Menggunakan Metode Group Investigation (GI) berbantu Media Flanelgraf pada Peserta Didik Kelas X SMA Pasundan 8 Bandung”. Adapun hasil yang diddapatkan peserta didik setelah melakukan penelitian ialah 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya. Hal tersebut dibutikan dengan penilaian yang diperoleh ialah, untuk RPP memperoleh nilai 4.00 dan pelaksanaan mendapatkan nilai 3.93. 2) peserta didik mampu menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya menggunakan metode group investigation (GI) berbantu media Flanelgraf. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai prates kelas eksperimen adalah 64,4, sedangkan rata-rata nilai postest kelas eksperimen adalah 89,9. 3) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t hitung pada kelas eksperimen adalah 39,9 dan lebih besar dibandingkan t hitung kelas kontrol yang berjumlah sebesar 15,39. 4) metode group investigation (GI) berbantu Flanelgraf lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t hitung pada kelas eksperimen adalah 39,9 dan t hitung kelas kontrol yang berjumlah sebesar 15,39. Berdasarkan beberapa hal yang sudah dapat dibuktikan dengan beberapa penilaian dapat dikatakan bahwa penelitian yang dilakukan penulis terbilang berhasil. Kata Kunci : Menulis, Puisi, Metode Group Investigation (GI), Media Flanelgraf.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 08:03 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 08:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43349 |
Actions (login required)
View Item |