ANALISIS WACANA KRITIS PADA CERPEN TUHAN TIDAK MAKAN IKAN KARYA GUNAWAN TRI ATMODJO CRITICAL DISCUSSION ANALYSIS ON THE SHORT STORY BY GUNAWAN TRI ATMODJO

Ari Agung Santosa, 152050052 (2019) ANALISIS WACANA KRITIS PADA CERPEN TUHAN TIDAK MAKAN IKAN KARYA GUNAWAN TRI ATMODJO CRITICAL DISCUSSION ANALYSIS ON THE SHORT STORY BY GUNAWAN TRI ATMODJO. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (728kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Analisis Wacana Kritis Pada Cerpen Tuhan Tidak Makan Ikan Karya Gunawan Tri Atmodjo. Penelitian ini meneliti mengenai wacana didalam teks cerpen, membedah dan mengungkap mengenai makna, representasi dan berbagai aspek yang terkandung didalam teks tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkap dan mengetahui nilai-nilai dan makna apa saja yang terkandung dalam teks cerpen “Tuhan Tidak Makan Ikan” secara mendalam serta memberikan kritik dan menarik pada realitas sosial dengan pendekatan Teori Realitas Sosial Peter L Berger & Thomas Luckmann. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Metode Penelitian Kualitatif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paradigma konstruktivisme, dimana secara terbuka mengungkap nilai-nilai tertentu yang dikonstruksi serta menghasilkan nilai-nilai baru untuk mengungkap konstruksi pada teks yang diteliti. Pendekatan yang digunakan adalah Metode Analisis Wacana Kritis berupa teks dan makna yang diamati. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori realitas sosial dimana wacana yang terdapat dalam teks di bedah secara mendalam yang diteliti dengan pendekatan Model Teknik Analaisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk yang mengkaji makna dari suatu teks dengan teknik pengumpulan data melalui Wawancara Mendalam, Observasi dan Studi Kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa makna dari cerpen “Tuhan Tidak Makan Ikan” dapat dikatakan adalah tentang kehidupan masyarakat nelayan di suatu daerah pesisir dimana terdapat peran-peran penting dalam setiap tokoh dan karakter atas memperkuat cerita di dalamnya. Makna yang terkandung tentunya merepresentasikan Makna Global kehidupan sosial manusia melalui karakter dalam tokoh-tokoh dalam cerpen. Dari hasil analisis menunjukan bahwa cerpen “Tuhan Tidak Makan Ikan” karya Gunawan Tri Atmodjo merepresentasikan karakter dalam kehidupan nyata setiap tokoh dan makna global secara baik. Makna tersebut di peroleh melalui pengisahan hidup tokoh-tokoh dan alur cerita dalam cerpen tersebut. Cerpen ini bisa dijadikan wacana diri bermasyarakat dan menjadi pembelajaran sosial dan politik. Singkat kata Cerpen Tuhan Tidak Makan Ikan adalah buku referensi yang baik. Kata Kunci : Cerpen, Karakter serta Tokoh, Makna.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 12 Sep 2019 06:14
Last Modified: 12 Sep 2019 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43335

Actions (login required)

View Item View Item