RENCANA PEMESANAN BAHAN BAKU DENIM MENTAH BERDASARKANPERFORMANSI SUPPLIER DI CV PRIDE N JOY

ZIGO FERNANDO, 143010214 and Tjutju Tarliah.D, DS and Yogi Yogaswara, DS (2019) RENCANA PEMESANAN BAHAN BAKU DENIM MENTAH BERDASARKANPERFORMANSI SUPPLIER DI CV PRIDE N JOY. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

CV. Pride N Joy merupakan badan usaha mandiri swasta yang bergerak dibidang fashion design and manufacturing yang memproduksi berbagai jenis pakaian dengan bahan dasar denim mentah. Dalam menjalankan usahanya terdapat 10 penyuplai bahan baku yang terlibat dalam ekosistem produksi di CV. Pride N Joy. perbedaan kapasitas serta kinerja masing – masing perusahaan supplier dalam memenuhi kebutuhan bahan baku, menciptakan permasalahan pada aktivitas produksi perusahaan. Oleh karena itu, penentuan ukuran pemesanan berdasarkan performansi perusahaan supplier harus dilakukan agar kegiatan produksi perusahaan sesuai dengan rencana. Untuk menentukan nilai bobot performansi supplier, maka digunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Metode ini menguraikan semua kebutuhan bahan baku untuk perusahaan dengan melakukan pembobotan pada setiap kriteria dan sub kriteria yang diinginkan. Hal ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pakar yang memiliki kewenangan serta dapat bertanggung jawab terhadap keputusan yang dibuat. Selanjutnya, untuk dapat menentukan ukuran pemesanan kepada supplier, digunakan metode linear programing (LP). Metode ini bertujuan untuk mengoptimalkan kuantitas pemesanan kepada supplier dengan mempertimbangkan kapasitas supplier serta nilai bobot performansi yang telah dihitung dengan menggunakan metode analytic hierarchy process (AHP) Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 21 kriteria yang diajukan, terpilih 5 kriteria yang memenuhi preferensi dari pakar dan 11 sub kriteria yang diajukan oleh pakar. Setelah tahapan ini, pakar menentukan bobot untuk masing – masing kriteria serta sub kriteria, kemudian diolah dengan menggunakan software expert choice. Hasil pengolahan ini dilanjutkan dengan optimasi menggunakan software lindo. Perusahaan supplier terpilih adalah PT. W dengan kuantitas pemesanan 21 lot per bulan dan PT. X dengan kuantitas pemesanan 12 lot per bulan. Kata kunci : metode Analytical Hierarchy Process, metode Linear programming, penentuan supplier bahan baku, nilai terbobot.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: metode Analytical Hierarchy Process, metode Linear programming, penentuan supplier bahan baku, nilai terbobot.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:40
Last Modified: 10 Sep 2019 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43179

Actions (login required)

View Item View Item