SALMA NURUL AFIFAH ISKANDAR, 152010105 (2019) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PASUNDAN KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
Cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian berjudul Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Pasundan Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Pasundan Kota Bandung, untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Pasundan Kota Bandung, serta untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan dalam mengatasi hambatan mengenai kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Pasundan Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi observasi non partisipan, wawancara dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Puskesmas Pasundan Kota Bandung. Adapun penentuan jumlah sampel yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah dengan teknik accidental sampling kepada pasien sebanyak 50 orang responden. Data yang diperoleh melalui kuisioner yang diuji validitas, uji reliabilitas, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Pasundan Kota Bandung berada pada kategori sangat kuat. Hambatan yang dihadapi dalam kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien yaitu kebersihan dan kenyamanan sarana prasarana yang perlu dibenahi, dan tidak ada jaminan tepat waktu dalam pelayanan. Adapun usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut antara lain meningkatkan kebersihan dan kenyamanan sarana prasarana dan memberikan jaminan tepat waktu dalam pelayanan. Kata kunci : Kualitas pelayanan, kepuasan pasien
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi dan Kebijakan Publik 2015 |
Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 01:53 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 01:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43171 |
Actions (login required)
View Item |