ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa Kelas X IPS SMA Pasundan Se-Kota Bandung)

Desy Permatasari, 155020084 (2019) ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa Kelas X IPS SMA Pasundan Se-Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Studi yang dilakukan organisasi PISA, memberi gambaran bahwa pada tahun 2015 Indonesia masih berada diposisi 10 terbawah yaitu pada posisi ke 62 dari 72 negara yang berpartisipasi. Maka dapat dikatakan bahwa kemampuan tingkat berpikir tingkat tinggi siswa di Indonesia masih terbilang rendah dibandingkan oleh negara lain. Maka dari itu, siswa harus dibiasakan mengerjakan soal-soal kecakapan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Berpikir kreatif merupakan salah satu contoh dalam berpikir tingkat tinggi. Ditinjau dari berbagai aspek kehidupan, kebutuhan akan berpikir kreatif sangatlah penting. Untuk mengembangkan tingkat berpikir siswa guru memiliki peranan yang penting, karena guru harus membiasakan diri untuk memberikan siswa soal-soal HOTS dalam proses belajar mengajar setiap harinya. Salah satunya yaitu dilakukan pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan berpikir kreatif dan berapakah tingkatan rata-rata berpikir kreatif siswa di SMA Pasundan se-Kota Bandung. Subjek penelitian ini adalah 99 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas X IPS 1 SMA Pasundan 1, 35 siswa kelas X IPS 3 SMA Pasundan 7 dan 34 siswa kelas X IPS 4 SMA Pasundan 7 Bandung tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan tes. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa. Terdapat lima tingkat berpikir kreatif yaitu sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, kurang kreatif dan tidak kreatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata siswa menjawab soal tes berpikir kreatif sebesar 3,01 yang termasuk dalam kriteria kreatif. Dapat dilihat pula pada persentasi tingkat berpikir kreatif siswa dalam menjawab soal berpikir kreatif yaitu sebesar 75,31%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X IPS 1 SMA Pasundan 1, siswa kelas X IPS 3 dan X IPS 4 SMA Pasundan 7 Bandung tahun ajaran 2018/2019 termasuk kedalam siswa kreatif. Kata Kunci : Tingkat Berpikir Kreatif, Pelajaran Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 09 Sep 2019 08:14
Last Modified: 17 Oct 2019 03:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43146

Actions (login required)

View Item View Item