PENGARUH KUALITAS PELAYANANAN ESERVICE TERHADAP KEPUASAN MASYRAKAT DI KECAMATAN CIMAHI UTARA

Rizal Hanif, 152010019 (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANANAN ESERVICE TERHADAP KEPUASAN MASYRAKAT DI KECAMATAN CIMAHI UTARA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II ijal.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I ijal.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi karena rendahnya tingkat kepuasan masyarakat pada Kecamatan Cimahi Utara. Permasalahan ini disebabkan karena kualitas pelayanan dalam bidang e-service masih terdapat kekurangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis asosiatif, yaitu sesuatu pertanyaan peneliti yang menghubungkan dua variabel atau lebih. Hubungan variabel dalam penelitian ini bersifat kausal, yaitu hubungan yang bersifat sebab akibat. Ada variabel independent (variabel yang mempengaruhi) dan variabel dependent (variabel yang di pengaruhi) kemudian data yang sudah terkumpul di proses dan dianalisis, melalui statistic parametrik dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana melalui program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan, penelitian lapangan, observasi non partisipan, wawancara dan angket yang dibagikan kepada 48 responden. Hasil analisis regresi linear menunjukan bahwa kualitas pelayanan eservice terhadap kepuasan masyarakat terdapat pengaruh yang positif dan signifikan yaitu pengaruh erat artinya jika kualitas pelayanan e-service ditingkatkan maka kepuasan masyarakat pun akan meningkat. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh Kecamatan Cimahi Utara dalam kualitas pelayanan e-service dalam meningkatkan kepuasan masyarakat antara lain yaitu error sistem atau jaringan dalam pelaksanaan layanan e-service yang menjadi masalah utama di Kecamatan Cimahi Utara serta pemahaman dan tanggung jawab atas pekerjaan yang dimiliki sehingga dalam penyelesaian pekerjaannya mengalami keterlambatan, kurang maksimal dan kurang keramahan yang seharusnya di berikan seorang petugas kepada pengunjung. Usaha yang akan dilakukan oleh Camat Kecamatan Cimahi Utara yaitu memberikan pelayanan melalui pelayanan offline untuk sementara waktu, Selain itu Kecamatan Cimahi Utara juga telah menyiapkan sumber daya manusia yang berkompeten dalam IT dengan cara memberikan pelatihan dan pendidikan tentang pelayanan e-service kepada para pegawai serta membekali para pegawai pengetahuan dalam bidang jaringan web, komputer atau aplikasi. Harapannnya pegawai akan menjadi ujung tombak ketika terjadi kerusakan jaringan. Pegawai dengan cepat dapat mengatasi problem tersebut. Kesimpulan dari hasil penelitian pada Kecamatan Cimahi Utara yaitu kualitas pelayanan e-service belum sepenuhnya melaksanakan butir-butir kualitas pelayanan, hal ini menyebabkan rendahnya kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan e-service yang di berikan Kecamatan Cimahi Utara kepada masyarakat. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan E-service, Kepuasan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi dan Kebijakan Publik 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:09
Last Modified: 06 Sep 2019 07:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43004

Actions (login required)

View Item View Item