RANCANG BANGUN APLIKASI UJIAN ONLINE UNTUK SISWA SMP MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL (STUDI KASUS : SMP NEGERI 4 CIKALONGKULON)

Muhammad Dwika Ilyas Ruhyat, 153040080 and Sandhika Galih Amalga, ds and Wanda Gusdya, DS (2019) RANCANG BANGUN APLIKASI UJIAN ONLINE UNTUK SISWA SMP MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL (STUDI KASUS : SMP NEGERI 4 CIKALONGKULON). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhammad Dwika Ilyas Ruhyat_153040080_Teknik Informatika.pdf

Download (309kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Teknologi komunikasi dan elektronik sudah berkembang sedemikian pesat, sehingga menyebabkan bidang pendidikan turut mengalami peningkatan dalam hal kualitas, kecepatan, kepraktisan dan juga kemudahan. Ujian konvensional pun bergeser ke arah komputerisasi, salah satunya dengan adanya ujian online. Saat ini di SMP Negeri 4 Cikalongkulon dalam hal ujian sekolah hanya dilakukan dengan cara tertulis dan biasanya menggunakan system paket soal tergantung dari kebijakan guru dan coordinator matapelajaran yang bersangkutan, dimana jika menggunakan paket soal maka siswa mendapatkan paket soal yang berbeda dengan siswa disebelahnya atau dalam sistem lain di dimanakan sistem silang. Akan tetapi paket soalnya terdiri dari beberapa paket soal tergantung dari sistem yang diinginkan guru mata pelajaran yang bersangkutan. Kemudian dalam hal pemeriksaan hasil ujiannya dilakukan secara manual oleh guru yang bersangkutan dan penilaiannya pun dilakukan secara manual. Munculah gagasan untuk membuat aplikasi ujian online untuk siswa SMP berbasis web dengan Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi ujian online adalah PHP dengan menggunakan framework Laravel. Kemudian Database yang digunakan adalah DBMS MySQL. Berdasarkan hasil implementasi yang dilakukan, aplikasi ujian online telah sesuai dengan kebutuhan, karena dibangun berdasarkan identifikasi kebutuhan dan melakukan pemeriksaan terhadap kebutuhan tersebut kepada narasumber yang dilakukan wawancara. Kata kunci: Aplikasi Ujian Online, Laravel, Aplikasi Web, Sekolah Menengah Pertama, SMP Negeri 4 Cikalongkulon

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 06 Sep 2019 03:41
Last Modified: 06 Sep 2019 03:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42989

Actions (login required)

View Item View Item