PEMBERITAAN MEDIA ONLINE DALAM MEMBENTUK CITRA DAN REPUTASI KANDIDAT PRESIDEN

Haiqal Ghifary Elvinaro, 152050249 (2019) PEMBERITAAN MEDIA ONLINE DALAM MEMBENTUK CITRA DAN REPUTASI KANDIDAT PRESIDEN. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul PEMBERITAAN MEDIA ONLINE DALAM MEMBENTUK CITRA DAN REPUTASI KANDIDAT PRESIDEN (Analisis Wacana Tentang Pemberitaan Tirto.id dan Kumparan.com Sebagai Public Relations Politik dalam Membentuk Citra dan Reputasi Para Kandidat Pemilihan Presiden 2019) Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Representasi Citra dan Reputasi Kandidat Presiden pada portal online Tirto.id dan Kumparan.com melalui analisis wacana. Metode Penelitian ini menggunakan Analisis Wacana Kritis (Critical Discource Analysis) yang mengacu pada perspektif Norman Fairclough. Untuk penelitian ini menggunakan Teori Kritis yang dikembangkan Horkheimer dan Adorno. Teori Citra menurut John Nimpoena dan Teori Reputasi Fombrum. Kesimpulan Penelitian ini adalah : (1) Model Pembentukan Citra dan Reputasi melalui Analisis Wacana pada Level Teks adalah teks (wacana) dianalisis melalui dimensi: representasi kata dan metafora, anak kalimat, gabungan anak kalimat, gabungan antar anak kalimat, relasi dan identitas, maka terbentuk Citra dan Reputasi positif atau negatif sumber berita. (2) Public Relations Politik dalam membentuk Citra dan Reputasi Kandidat Presiden pada Konsumsi Teks dalam mengkritisi informasi media adalah pengaruh dari khalayak sebagai entitas yang aktif, bukan lagi dimaknai sebagai konsumen media semata dalam memilih media dan berita apa yang sesuai dengan dirinya, tetapi aktif dalam memaknai isi media. Analisis Konsumsi Teks Tirto.id adalah pembaca mempersepsi sama (negatif) dengan produksi teks yang dibuat oleh Tirto.id bahwa pemberitaan itu cenderung membentuk Citra dan Reputasi negatif bagi kedua pasangan calon Presiden. Analisis Konsumsi Teks Kumparan.com adalah pembaca bersebrangan (negatif) dengan produksi teks yang dibuat oleh Kumparan.com bahwa pemberitaan itu cenderung membentuk Citra dan Reputasi positif bagi pasangan calon 01 Jokowi-Ma’ruf dan namun negatif bagi pasangan calon 02 Prabowo-Sandi.(3) Model Citra dan Reputasi melaui Analisis Wacana pada level Praktik Wacana adalah Wartawan yang memproduksi teks dipengaruhi oleh kesan, perasaan dan gambaran membentuk Citra positif atau negatif sumber berita, setelah itu dipengaruhi kredibilitas, realibilitas, kepercayaan dan tanggung jawab, maka terbentuk Citra dan Reputasi positif atau negatif sumber berita. Model Citra dan Reputasi melalui Analisis Wacana Sosiokultural adalah teks wacana dianalisis dan dikaitkan dengan situasional, institusional dan sosial, maka terbentuk Citra positif atau negatif.(4) Public Relations Politik dalam membentuk Citra dan Reputasi Kandidat Presiden pada Produksi Teks media dalam memaknai konstruksi realitas kehadiran media adalah akumulasi pengaruh dari faktor individu pengelola media (wartawan dan redaktur), Analisis Produksi Teks Tirto.id cenderung membentuk Citra dan Reputasi negatif bagi para kandidat Presiden. Analisis produksi teks Kumparan.com cenderung membentuk Citra dan Reputasi positif bagi pasangan calon 01 Jokowi-Ma’ruf dan negatif bagi pasangan calon 02 Prabowo-Sandi. Kata Kunci: Media Online, Public Relations Politik, Citra, Reputasi, Kandidat Presiden

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Aug 2019 02:32
Last Modified: 27 Aug 2019 02:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42627

Actions (login required)

View Item View Item