PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL PEGAWAI BAGIAN FABRIKASI MENGGUNAKAN METODE SUBJECTIVE WORKLOAD ASSESMENT TECHNIQUE (SWAT) (STUDI KASUS : PT. DANWO STEEL SEJATI) TUGAS

ADITYA RAMADHAN, 143010054 and Mohammad Syarwani, DS (2019) PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL PEGAWAI BAGIAN FABRIKASI MENGGUNAKAN METODE SUBJECTIVE WORKLOAD ASSESMENT TECHNIQUE (SWAT) (STUDI KASUS : PT. DANWO STEEL SEJATI) TUGAS. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Aditya Ramadhan_143010054_Teknik Industri.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur beban kerja mental pegawai pada bagian fabrikasi di PT.Danwo Steel Sejati, merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang konsturksi baja, dimana pada proses produksi yang dilakukan di bagian fabrikasi, dan seluruh pegawai membutuhkan konsentarasi yang tinggi dalam melakukan pekerjaan. Oleh karena itu dibutuhkan pengkuran beban kerja mental untuk mengetahui beban kerja mental yang diterima pegawai pada bagian fabrikasi dalam menjalankan pekerjaannya. Pengukuran beban kerja ini menggunakan metode Subjective Workload Assesment Technique (SWAT), metode SWAT ini terdiri dari 2 tahap, diantaranya tahap Scale Development dan Event Scoring. Dalam tahap Scale Developmen diawali dengan pengumpulan data menggunakan 27 kartu kombinasi beban kerja mental SWAT, pegawai diminta untuk mengurutkan 27 kartu kombinasi tersebut mulai dari urutan kartu paling rendah sampai dengan yang tertinggi. Dan pada tahap Event Scoring pegawai diminta untuk menilai uraian pekerjaan yang dilakukan setiap tingkat beban kerja. Hasil dari pengolahan Scale development, menghasilkan Scaling Solution, kemudian Scaling Solution tersebut dicocokan dengan Event Scoring, sehingga dapat diketahui beban kerja yang diterima pegawai. Hasil dari pengukuran ini, terdapat 58 pegawai dari 68 pegawai pada semua kelompok menerima beban kerja Lower Load dan 15 pegawai menerima beban kerja Over Load dari 68 pegawai pada semua kelompok yang dilakukan penelitian. Kata Kunci : Beban Kerja Mental,Subjective Workload Assesment Technique (SWAT), Ergonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:39
Last Modified: 22 Aug 2019 04:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42619

Actions (login required)

View Item View Item