RANCANGAN PENGEMBANGAN KEMASAN BOTOL YOGHURT JELLY MELALUI IMPLEMENTASI METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS : PT. INSAN MUDA BERDIKARI)

ADI DWI SUGIAMUKTI, 143010013 and CHEVY HERLI SUMERLI, DS (2019) RANCANGAN PENGEMBANGAN KEMASAN BOTOL YOGHURT JELLY MELALUI IMPLEMENTASI METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS : PT. INSAN MUDA BERDIKARI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Adi Dwi Sugiamukti_143010013_Teknik Industri.pdf

Download (566kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Dalam pemilihan suatu produk, konsumen selalu memiliki pertimbangan tertentu dalam membeli produk. Daya tarik pertamanya fokus kepada bentuk, keindahan atau performance dari kemasan. Kemasan dapat berpengaruh terhadap konsumen yang bersifat impulsif, emosional yang tidak direncanakan terlebih dahulu. Karena itu konsumen tidak mendasarkan pilihan hanya pada penalaran logis, tetapi emosi dan perasaan yang memainkan peran penting dalam keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain kemasan botol yoghurt jelly agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan metode Kansei Engineering, peneliti menghubungkan emosi dan perasaan responden ke dalam spesifikasi desain produk. Kansei words dari hasil analisis faktor membentuk beberapa faktor, dimana hasil ini untuk memfokuskan ruang tujuan dalam menentukan item dan kategori desain berdasarkan emosi/perasaan responden. Item yang diperoleh terdiri dari ukuran mulut, ketebalan bahan, kemiringan bahu, motif dan permukaan badan. Dalam pembentukan stimuli sampel produk digunakan editor syntax dalam software SPSS. Dari 5 item dan 12 kategori diperoleh stimuli sampel produk sebanyak 16, hal ini telah memenuhi syarat karena jumlah minimum stimuli yang harus dievaluasi responden sebanyak 8. Berdasarkan hasil analisis conjoint secara keseluruhan diperoleh spesifikasi kemasan botol baru yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan responden ditandai pada nilai utility terbesar untuk setiap kategori. Untuk item ukuran mulut yang dipilih yaitu kategori besar (3.4 cm), ketebalan bahan tebal (1 mm), kemiringan bahu miring (45˚), bermotif polos dan permukaan badan berlekuk tanpa patahan bentuk. Dari tingkat kepentingan item dapat disimpulkan bahwa item permukaan badan merupakan yang paling besar, sehingga dapat dikatakan bahwa responden dikatakan sensitif terhadap permukaan badan kemasan botol. Kata Kunci : Kemasan Botol, Kansei Words, Kansei Engineering, Analisis Faktor, Analisis Conjoint.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:24
Last Modified: 22 Aug 2019 04:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42617

Actions (login required)

View Item View Item