KOMUNIKASI PEMASARAN BAND INDIE BANDUNG MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pemasaran Band Indie HEALS Melalui Media Sosial dalam Menembus Pasar Internasional)

Achmad Marin Ramdhani Samsoedharma, NPM : 178080012 (2019) KOMUNIKASI PEMASARAN BAND INDIE BANDUNG MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pemasaran Band Indie HEALS Melalui Media Sosial dalam Menembus Pasar Internasional). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Achmad Marin Ramdhani Samsoedharma.doc

Download (591kB)

Abstract

Achmad Marin Ramdhani NPM 178080012, Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan Bandung Penelitian ini berjudul “ Komunikasi Pemasaran Band Indie Bandung Melalui Media Sosial (Studi Kasus Pemasaran Band Indie HEALS dalam Menembus Pasar Internasiional” dalam Industri musik telah banyak mengalami perubahan, hampir selama 6 (enam) dekade terakhir, pada perkembangannya perubahan signifikan terjadi pada era digital, ketika derasnya arus teknologi masuk dan mengubah cara berkomunikasi manusia sehari-hari, teknologi digtal dan internet begitu cepat masuk dan melahirkan generasi baru yang disebut generasi milenial, sebuah generasi yang sangat berbeda karakternya dari generasi-generasi sebelumnya, ketika teknologi tidak hanya digunakan manusia secara berkala, tapi langsung ada ketika dia hidup, dan menjalani hidupnya, percepatan ini terus berkembang sejak 4 (empat) tahun lalu, jelas ini mempengaruhi perkembangan industri dunia musik independent di Bandung dan Indonesia, banyak band-band atau musisi yang lahir langsung mempergunakan teknologi yang ada ini dalam membuat karyanya juga mengkomunikasikan karya, perkembangan ini terus berjalan hingga munculnya era sosial media, dimana setiap orang mempunyai dan berkemampuan untuk menjadi penyebar seklaigus pembuat informasi bahkan menjadi sebuah media. Keberadaan sosial media ini juga telah melahirkan banyak para musisi independent yang mempunyai kemampuan dan kecepatan tinggi dalam menghasilkan mengkomunikasikankaryanya untuk menuju jalan kepuncak karirnya, berada pada sebuah visi di taraf internasional bukanlah sebuah mimpi lagi pada era sosial media ini. Persoalan yang coba diangkat dalam peneltian ini adalah bagaimana band HEALS sebagai band yang lahir pada era digital ini bisa memanfaatkan akun-akun sosial medianya sehingga bisa sangat cepat berada pada sebuah kolam industri internasional, juga bisa menembus pasar internasional secara cepat, menuju sebuah puncak karir di usia sangat muda, dan mengimpresi dunia melalui karya-karyanya, serta mendekripsikan bagaimana HEALS bisa menggunakan akun-akun media sosialnya yaitu Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube dalam menembus pasar internasional, bagaimana semua ini menajdi relevan dan dapat diterima di dunia dan pasar yang kebih luas, dan bagaimana cara mereka mengkomunikasikanya. Hasil Peneltian ini dapat mendeskripsikan bagaimana mereka bisa menggunakan akun-akun tersebut dan dengan mudah dan cepat untuk menjadi sebuah kekuatan baru di industri musik nasional dan Internasional, dan bagaiman akun-akun sosial media ini membantu mereka mewujudkan visi misi mereka sejak terbentuk, untuk dapat berbicara lebih luas dikancah internasional. Beberapa momen dalam menembus pasar internasional telah terwujud, tinggal bagaimana mereka bisa meneruskan visi dan misi ini untuk tetap konsisten berjalan, sebagai penerus dan memberikan nilai tambah bagi industri musik independent di Indonesia dan kota Bandung pada khususnya.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 05 Aug 2019 07:22
Last Modified: 05 Aug 2019 07:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42447

Actions (login required)

View Item View Item