MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGANALISIS MORAL PADA CERPEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTS FATAHILLAH CIMAHI

Neneng Reni Nurinayah, NPM : 178090002 (2019) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGANALISIS MORAL PADA CERPEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTS FATAHILLAH CIMAHI. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Neneng Reni Nuriyanah.docx

Download (136kB)

Abstract

Neneng Reni. 2019. Model Pembelajaran Problem Based Learning DalamMenganalisis Moral Pada Cerpen dan DampaknyaTerhadapKemampuanBerpikirKritisPesertaDidikKls IX MTs FatahillahCimahi. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program PascasarjanaUniversitasPasundan Bandung. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si. (II) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Kata Kunci : Model PBL, Menganalisis Moral Cerpen, KemampuanBerpikirKritis. Tujuan penelitian ini adalah (a) untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menganalisis moral dalam cerpen melalui penerapan model Problem Based Learning; (b) mengetahui bagaimana Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar, terutama kemampuan menganalisis moral; (c) mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan peserta didik dalam menganalisis moral pada kelas Problem Based Learning dan Ekspositoris; (d) mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan model Problem Based Learning; (e) mengetahui dampak menganalisis moral dalam cerpen terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IX MTs Fatahillah Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method). Penelitianinimengimplementasikan model pembelajaranProblem Based Learninguntukmengetahuikemampuanpesertadidikdalammenganalisis moral pada cerpen dan kemampuanberpikirkritis. Berdasarkanhasilpenelitian, didapatkesimpulanbahwaHasil analisis pretest dan posttest kelaseksperimen yang menggunakan model pembelajaranProblem Based Learning dan kelaskontrol yang menggunakan model Ekspositoris, terlihatadanyakenaikanuntukkelaseksperimen dan penurunanuntukkelaskontrol. Kemampuanberpikirkritispesertadidikmeningkat, setelahmenggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning. Pesertadidikmampumenganalisis moral dalamcerpendenganindikatorketercapaianberpikirkritis. terdapatperbedaanpeningkatan yang signifikanantarakemampuandalammenganalisis moral pada cerpendengan model Problem Based Learning dan model konvensionalpesertadidik.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:07
Last Modified: 30 Jul 2019 03:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42431

Actions (login required)

View Item View Item