MAYANG AYUNINGTYAS, NPM : 178090010 (2019) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DALAM CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SCAFFOLDED READING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER INTEGRITAS PESERTA DIDIK DI KELAS XI SMAN 1 SOREANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.
Text
JURNAL mayang 178090010 MPBSI.docx Download (68kB) |
Abstract
Ayuningtyas, Mayang. 2019. Pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dalam cerpen dengan menggunakan metode scaffolded reading untuk meningkatkan karakter integritas peserta didik di kelas XI SMAN 1 Soreang tahun pelajaran 2018/2019. Program studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Rully Indrawan, M.Si. (II) Dr. Titin Nurhayatin, M.Pd. Tujuan Penelitian ini adalah (a) Untuk mendeskripsikankemampuan mengidentifikasi nilai-nilai dalam cerpen pada peserta didik kelas XI yang menggunakan metode Scaffolded Reading dan metode Means Ends Analysis (MEA) di SMAN 1 Soreang tahun pelajaran 2018/2019; (b) Untuk mendeskripsikan peningkatan karakter integritas peserta didik kelas XI dalam proses pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dalam cerpen yang menggunakanmetode Scaffolded Reading dan metode Means Ends Analysis (MEA) di SMAN 1 Soreang tahun pelajaran 2018/2019; (c) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan mengidentifikasi nilai-nilai dalam cerpen pada peserta didik kelas XI yang menggunakan metode Scaffolded Reading dengan metodeMeans Ends Analysis (MEA) di SMAN 1 Soreang tahun pelajaran 2018/2019; dan (d) Untuk mengetahui peningkatan karakter integritas peserta didik kelas XI dalam proses pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dalam cerpen yang menggunakan metode Scaffolded Reading dengan metode Means Ends Analysis (MEA) di SMAN 1 Soreang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan mix method atau menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif dalam pengolahan data. Penelitian ini menyajikan hasil pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dalam cerpen untuk meningkatkan karakter integritas peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, didapat kesimpulan bahwa pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dalam cerpen dapat membantu peserta didik dalam menerapkan karakter integritas di kehidupan sehari-hari. Selain itu juga dapat menjadi alternatif pemilihan metode pembelajaran di kelas. Terbukti dari hasil pretes rata-rata peserta didik kelas eksperimen mendapatkan 34,3, sementara perolehan rata-rata nilai postes 64,1 yang menunjukan kenaikan nilai. Begitu pula dengan nilai rata-rata pretes karakter integritas peserta didik yaitu 68,1, sementara nilai rata-rata postes 82,9, juga menunjukan kenaikan. Kata Kunci : Pembelajaran, Mengidentifikasi, Karakter Integritas, Cerpen, Nilai- Nilai, Scaffolded Reading.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 20 Jul 2019 04:52 |
Last Modified: | 20 Jul 2019 06:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42398 |
Actions (login required)
View Item |