PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDEDTERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA

SATJUN SIREGAR, NPM : 178060015 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDEDTERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Satjun Siregar.docx

Download (108kB)

Abstract

Abstrak: Salah satu tantangan guru dalam dunia pendidikan adalah menerapkan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika adalah menerapkan model pembelajaran yang mendukung terwujudnya tujuan pembelajaran matematika yang sesungguhnya, yaitu dengan mengembangkan beberapa kemampuan matematis siswa diantaranya mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa yang belum maksimal jika dilihat dari nilai siswa beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan motivasi belajar siswa ditinjau dari pola asuh orang tua dengan menerapkan model pembelajaran Open ended. Sebagai salah satu alternative untuk menanggulangi permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian mix methods dengan desain sequential explanatori dengan tujuan dapat meningkatkan kemapuan tersebut. Subyek yang digunakan penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMA Talenta Bandung. Pada penelitian ini instrument yang digunakan antara lain, tes kemampuan berpikir kritis, angket motivasi belajar, angket pola asuh orang tua serta lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah; 1) Kemampuan berpikir Kritis meningkat apabila menerapkan pembelajaran model Open ended, 2) Peningkatan kemampuan berpikir Kritis lebih baik apabila menerapkan pembelajaran model Open ended dibandingkan dengan pembelajaran Konvesional, 3) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang menerapkan pembelajaran model Open endeddan pembelajaran Konvesional, 4) Kemampuan berpikir Kritis dan motivasi belajar siswa lebih baik apabila menerapkan pembelajaran model Open ended dibandingkan dengan pembelajaran Konvesional ditinjau dari pola asuh orang tua, dan 5) Gambaran kemampuan berpikir siswa dan motivasi belajar siswa lebih baik dengan menerapkan model open ended ditinjau dari pola asuh orang tua. Kata Kunci; Model pembelajaran Open ended, Kemampuan berpikir kritis Matematis, motivasi belajar, Pola asuh orang Tua.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 29 May 2019 05:01
Last Modified: 29 May 2019 05:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42233

Actions (login required)

View Item View Item