Perlindungan Hukum Terhadap Ekspresi Budaya Tradisional Untuk Mewujudkan Perkembangan Ekonomi Kreatif Di Tinjau Dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Jo Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan

Dinda Aulia Amini, 151000189 (2019) Perlindungan Hukum Terhadap Ekspresi Budaya Tradisional Untuk Mewujudkan Perkembangan Ekonomi Kreatif Di Tinjau Dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Jo Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB 2.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. bab 3.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
12. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
13. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Negara Indonesia memiliki Potensi yang sangat besar atas wujud pengetahuan tradisional dan ekspresi budaya tradisional, hal ini adalah wajib dilindungi terutama oleh negara. Di sisi lain dengan melihat kelebihan dari potensi budaya Indonesia dapat di jadikan sebuah peluang bagi negara kita untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat Indonesia, sebagaimana di ketahui hak cipta memiliki dua unsur hak yaitu hak ekonomi dan hak moral, dimana dalam kemanfaatanya mampu mendapatkan keuntungan-keuntungan yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi bangsa Indonesia agar masyarakat Indonesia mampu bersaing dalam kegiatan ekonomi global dengan potensi budaya dan kekayaan alam yang di miliki bangsa Indonesia yang menjadikan ekspresi budaya tradisional sebagai peluang dalam bidang ekonomi yang lebih baik untuk Indonesia. Perlindungan hukum terhadap ekspresi budaya tradisional untuk meweujudkan perkembangan ekonomi kreatif, pelaksanaan perlindungan terhadap ekspresi budaya tradisional untuk meweujudkan perkembangan ekonomi kreatif, upaya penyelesaian sengketa atas pemanfaatan ekspresi budaya tradisonal oleh pihak lain tanpa izin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan. Sementara teori yang digunakan untuk menganalisis data permalasahan adalah yuridis kualitatif, karena bertitik tolak dari peraturan perundang-undangan sebagai norma hukum positif. Hasil penelitian ditemukan bahwa Ekspresi budaya tradisional perlu mendapatkan perlindungan hak kekayaan intelektual serta peran pemerintah nasional maupun pemerintah daerah untuk lebih aktif dalam memberikan pemahaman dan kesadaran terhadap masyarakat Indonesia akan pentingnya Ekspresi Budaya Tradisional yang dimana merupakan ruang lingkup dari Hak Kekayaan Intelektual. Pentingnya pembentukan peraturan perundang-undangan merupakan suatu bentuk perlindungan ekspresi budaya tradisional sebagai kebijakan melindungi hak kekayaan intelektual di bidang kebudayaan. Kedudukan peraturan perundang-undangan tentang perlindungan ekspresi budaya tradisional sebagai kebijakan terhadap perlindungan ekspresi budaya tradisional harus tetap mengacu pada kerangka hukum hak kekayaan intelektual yang berlaku. Kata kunci : Hak Cipta, Ekspresi Budaya Tradisional, Pemajuan Kebudayaan, Ekonomi Kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 16 Mar 2019 06:13
Last Modified: 16 Mar 2019 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41834

Actions (login required)

View Item View Item