KERJASAMA KEMITRAAN KESEPAKATAN EKONOMI INDONESIA-JEPANG TERHADAP UMKM (STUDI KASUS: PENGEMBANGAN INDUSTRI UMKM DI PROVINSI JAWA BARAT)

Indriani Nurfitriah, 142030072 (2019) KERJASAMA KEMITRAAN KESEPAKATAN EKONOMI INDONESIA-JEPANG TERHADAP UMKM (STUDI KASUS: PENGEMBANGAN INDUSTRI UMKM DI PROVINSI JAWA BARAT). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (69kB)
[img] Text
2. ABSTRAK sunda.pdf

Download (364kB)
[img] Text
2. ABSTRACK inggris.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
2. ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (746kB)
[img] Text
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
6. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (294kB)

Abstract

Kebijakan Pemerintah Indonesia dalam implementasi Kerjasama Internasional JepangIndenosia program kemitraan kesepakatan ekonomi yang diselenggarakan oleh pihak IJ-EPA dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi topik utama yang dikaji dalam penelitian ini. Kebijakan pemerintah provinsi jawa barat bersama IJ-EPA tersebut dianalisis dari aspek formulasi dan implementasi kebijakan. UMKM secara signifikan menyumbang ekonomi suatu negara, baikdari sisi penyerapan tenaga kerjanya maupun dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonominya. Dalam perkembangannya, UMKM mengalami permasalahan. Permasalahan UMKM tersebut antara lain diatasi melalui program kemitraan yang saling membantu antara UMKM, atau antara UMKM dengan pengusaha besar di dalam negeri maupun di luar negeri, untuk menghindari terjadinya monopoli dalam usaha. Namun demikian, implikasi dari hubungan kemitraan dalam organisasi, tentunya tidak terlepas dari adanya permasalahan. Berdasarkan hal tersebut, maka perumusan masalah penelitian ini dapat diringkas dalam pertanyaan umum sebagai berikut : 1. Bagaimana kerjasama program kesepakatan kemitraan ekonomi Indonesia-Jepang bagi pengembangan industri UMKM di Provinsi Jawa Barat? 2. Bagaimana strategi pengembangan pelaku industri UMKM di Provinsi Jawa Barat dan korelasinya dengan program kesepakatan kemitraan ekonomi Indonesia-Jepang? 3. Bagaimana kebijakan pengembangan UMKM di Indonesia, khususnya di Provinsi Jawa Barat dalam program kesepakatan kemitraan ekonomi Indonesia-Jepang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan wawancara. Analisis data menggunakan analisa data kualitatif yang terdiri dari tahap dokumentasi, pengkategorian, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Kerangka pemikiran penelitian ini berangkat dari analisis formulasi dan implementasi kebijakan luar negeri, teori interdependensi kompleks, dan konsep pengembangan UMKM di Provinsi Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IJEPA atau kemitraan kesepakatan ekonomi Indonesia – Jepang merupakan salah satu sarana dalam pelaksanaan Kerjasama Internasional Indonesia - Jepang. Komitmen ini dilatarbelakangi komitmen Indonesia dalam hubungan kerja sama dengan ODA serta sebagai wujud komitmen Indonesia dalam mendukung penuh perbaikan ekonomi masyarakat. Kata Kunci: Pengembangan UMKM, Kerjasama Internasional, IJ-EPA, Indonesia-Jepang.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2014
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 15 Mar 2019 01:45
Last Modified: 15 Mar 2019 01:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41696

Actions (login required)

View Item View Item